• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Pemkab Nias Gelar Sosialisasi Perda Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penataan Desa

7 November
14:54 2018
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Sekretaris daerah kabupaten Nias Drs.F.Yanus Larosa,M.AP membuka secara resmi pelaksanaan sosialisasi peraturan daerah kabupaten Nias Nomor 3 tahun 2017 tentang penataan desa di kabupaten Nias, yang digelar di serbaguna howu howu desa lasara Idanoi kecamatan Gido, Rabu (7/11/2018)

Kepala Bagian adminstarsi Pemerintahan desa pada sekretariat daerah kabupaten Nias Firmina Halawa,SE menyampaikan bahwa pelaksanaan sosialisasi peraturan daerah kabupaten Nias Nomor 3 tahun 2017 tentang penataan desa di kabupaten Nias itu merupakan sebagai pedoman atau acuan bagi setiap desa dalam melakukan penataan desa sehingga terwujudnya efektifitas penyelenggaraan pemerintahan desa, peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan tatakelola pemerintahan desa serta meningkatkan daya saing desa

Peserta pada kegiaatan sosialisasi peraturan daerah kabupaten Nias Nomor 3 tahun 2017 tentang penataan desa di kabupaten Nias yakni Camat Sekabupaten Nias, para kepala Desa, ketua BPD dan perangkat desa di 10 kecamatan Se-kabupaten Nias.  

“ Kegiatan Sosiliasi ini dilaksanakan selama tiga hari, dimana untuk hari pertama tanggal 7 November 2018 diikuti dari kecamatan Botomuzoi, kecamatan Hiliserangkai dan kecamatan Hiliduho. untuk hari kedua tanggal 8 November 2018, kecamatan Gido, kecamatan sogaeadu, kecamatan Ma’u dan kecamatan Somolo Molo, dan di hari ketiga tanggal 9 November 2018 diikuti oleh kecamatan Idanogawo, kecamatan Bawolato dan kecamatan ulugawo “ Katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Drs.Y.Yanus Larosa,M.AP menyampaikan bahwa Peraturan daerah kabupaten Nias Nomor 3 tahun 2017 merupakan pedoman atau acuan bagi desa dalam melakukan penataan desa melalui pembentukan desa berupa pemekaran dari satu desa menjadi dua desa atau lebih, penghapusan desa, perubahan status desa menjadi kelurahan ataupun sebaliknya.

Dikatakan Sekda, melalaui sosialisasi perda kabupaten Nias Nomor 3 tahun 2017 ini, para kepala desa, ketua BPD dan perangkat desa se-kabupaten Nias serta segenap pemangku kepentingan lainnya dapat memahami dengan baik regulasi ini, serta diharapkan implementasinya kelak dapat berlangsung efektif hingga terwujudnya desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

“ sosialisasi ini sangat penting karena berkaitan langsung dengan regulasi penataan desa yang sangat menentukan penyelenggaraan pemerintahan desa. Maka pada kesempatan ini secara khusus saya meminta kepada kepala desa agar bersungguh sungguh mengikuti sosialisasi ini , sehingga bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan “ Ujar Sekda. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00