• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

170 Desa Se-kabupaten Nias Ikuti Kegiatan Bursa Inovasi Desa Tahun 2018

6 November
00:17 2018
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Untuk memberikan masukan atau ide terhadap perencanaan pembangunan desa, pemerintah kabupaten Nias melalui dinas pemberdayaan masyarakat desa menggelar Bursa Inovasi Desa tahun 2018 yang dilaksanakan di Gedung serbaguna BNKP Jemaat Larasa Idanoi kecamatan Gido, (Rabu/31/10/2018). Acara itu dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Nias, Konsultan pendamping wilayah P3MD Provinsi sumatera Utara, kepala OPD, para Camat, kepala desa, Tim penggerak PPK kabupaten Nias, dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat desa Yulianus Zai,S.Sos.M.Si mengatakan bahwa selain untuk memberikan masukan atau ide terhadap perencanaan pembangunan desa, kegiatan Bursa Inovasi desa ini bertujuan untuk membagi kegiatan Inovasi yang telah di dokumentasikan dalam bentuk video maupun tulisan, dan membangun komitmen desa untuk melakukan adaptasi inovasi, serta membagi informasi direktori penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD).

“ Bursa Inovasi desa kabupaten Nias tahun 2018 ini digelar satu hari efektif, dengan para peserta 25 kepala OPD lingkup pemkab Nias, para camat, seluruh kepala desa, ketua BPD Se-Kabupaten Nias, perwakilan tokoh perempuan setiap desa se-Kabupaten Nias dan Tim pelaksana inovasi desa Se kabupaten Nias “ Ujarnya.

Sementara itu Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM menyampaikan bahwa program Inovasi desa sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawacita dalam rencana pembangunan RPJMN 2015-2019. Program Inovasi Desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktifitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

“ melalui pelaksanaan bursa inovasi desa ini diharapkan mampu menjadi instrument penghubung antar pemanfaatan dana desa dengan sumber daya lokal kabupaten Nias, sehingga pemanfaatan dana desa kabupaten Nias lebih efektif, berkualitas dan strategis di berbagai bidang seperti pengembangan ekonomi loka dan wirausahaan serta pengembangan sumber daya manusia “ Kata Bupati Nias.

Bupati Nias juga meminta kepada seluruh desa yang hadir pada kegiatan Bursa Inovasi  desa, berkomitmen untuk mereplikasi inovasi dimaksud pada pelaksanaan dana desa tahun selanjutnya, sehingga output dan outcome dana desa khususnya di kabupaten Nias dapat optimal dan lebih terasa manfaatnya. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00