• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

KPU Harus Berperan Aktif Mengedukasi Masyarakat Tingkatkan Partisipasi Pada Pemilu

28 October
22:09 2018
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Sekretaris Daerah Kabupaten Nias mengajak seluruh penyelenggara pemilu di kabupaten Nias agar berperan aktif dalam memberikan pendidikan politik serta mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan partisipasi pada setiap pemilu. hal itu disampaikan Sekretaris daerah kabupaten Nias Drs.F.Yanus Larosa,M.AP pada saat acara peresmian rumah pintar pemilu Ya’ahowu KPU kabupaten Nias, di jalan pancasila kecamatan Gido,Jum’at (26/10/2018).

Dikatakan Sekda, Agenda Nasional pemilihan umum dari tahun ketahun selalu mewujudkan dua sisi yakni sisi keberhasilan dan sisi kelemahan,kekurangan khsusnya dari aspek tingkat partisipasi masyarakat dalam proses penyelenggaraan pemilu yang semakin menurun.

“Menyikapi berbagai persoalan partisipasi masyarakat dalam pemilu, penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU ditantang dalam memperbaiki kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang hak politik. karena partisipasi masyarakat sangat menentukan kualitas politik dalam pemilihan umum “ kata Sekda

Namun menurutnya, ada empat asumsi yang menentukan kualitas politik dalam pemilihan umum yang sudah terlaksana Selama ini. asumsi pertama, pemilih sudah mulai jenuh dengan proses demokrasi lima tahunan yang tidak membawa perubahan, asumsi yang kedua, pemilihan umum mulai dari pemilihan kepala daerah, pemilihan Legislatif, maupun pemilu presiden dan wakil presiden tidak lagi dipandang sebagai suatu prioritas, dan asumsi ketiga Figur dari calon pemimpin yang diajukan dalam pesta demokrasi mungkin kurang berkenan dihati masyarakat, dan asumsi keempat, pada saat pelaksanaan pemilihan sebagian masyarakat lebih mengutamakan untuk bekerja ketimbang datang ke TPS.

“Tentu hal ini menjadi reverensi bagi semua pihak terumatama bagi penyelenggara pemilu, dalam mengevaluasi hasil penyelenggaraan pemilihan umum dalam beberapa dekade yang sudah terlaksana, dan juga menjadi bahan dalam menyongsong pemilu presiden dan legislatif 2019 yang sudah diambang pintu “  Ujarnya.

Untuk itu dirinya yakin, dengan hadirnya rumah pintar pemilu Ya’ahowu KPU kabupaten Nias merupakan sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan dengan berbagai program edukasi kepada masyarakat. Selain menjadi edukasi kepada pemilih, rumah pintar pemilu yaahowu ini diharapkan menjadi wadah bagi komunitas penggiat pemilu dalam membangun sebuah gerakan dalam memperkenalkan, memberikan pemahaman, menanamkan kesadaran dan menginspirasikan masyarakat terhadap pentingnya nilai nilai demokrasi. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00