• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Puluhan Perahu Mesin Milik Nelayan Di Desa Sifahando Kec. Sawo Nias Utara Hanyut.

11 October
11:52 2018
1 Votes (5)

KBRN, Gunungsitoli : Akibat hujan deras dini hari tadi puluhan perahu mesin milik nelayan yang berada di muara sungai Muaro, Desa Sifahando, Kecamatan Sawo hanyut hingga sampai kelaut. 

Camat Sawo, Fotani Zai S. Pd, MM engatakan bahwa kejadian tersebut pada, Kamis (11/10/2018) sekitar pukul 04.00 WIB. Posisi perahu mesin yang berada di muara sungai Muaro tersebut tidak sempat diikat sehingga pada saat datangnya banjir sebagai besar perahu mesin tersebut hanyut hingga sampai kelaut.

Fotani menjelaskan, setelah mendapatkan informasi dari Warga, dirinya bersama kepala desa Sifahando dan puluhan masyarakat langsung ke lokasi. Terlihat kapal motor yang berada di muara sungai Muaro tinggal 4 unit dari 61 unit, yang merupakan perahu mesin milik nelayan yang diadakan melalui Dana desa tahun 2017 lalu.

Fotani mengaku, bahwa perahu mesin milik nelayan tersebut hanya sebagin yang telah ditemukan di sekitar pesisir pantai pasir berbunyi yang masih tergolong wilayah Desa Sifahando dan saat ini masih terus di lakukan pencarian oleh warga setempat.

“Kondisi perahu mesin yang sudah di temukan itu dalam kondisi rusak berat dan perlu perbaikan dengan membutuhkan biaya yang cukup besar," ujar Fotani.

Setelah itu, Camat sawo Langsung menghubungi Kepala Dinas Perikanan untuk meminta solusi terkait kejadian tersebut dan saat ini pemerintah Kecamatan Sawo bekerja sama dengan kepala Desa sedang melakukan pendataan perahu nelayan yang masih belum ditemukan. Selanjutnya akan dilaporkan kepada Bupati Nias Utara agar segera ditindaklanjuti.

Motani menambahkan, akibat hujan deras dini hari tadi selain hanyutnya Perahu mesin milik nelayan, juga air sungai Sinu'a Kecamatan Sawo meluap sehingga SMP negera 1 Sawo dan SMK Negeri 1 Sawo banjir hingga mengganggu proses belajar-mengajar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00