• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Lulusan PDD AKNIRA Angkatan IV Ikuti Wisuda

6 October
16:40 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : 53 orang lulusan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Pendidikan Diluar Domisili  Akademi Komunitas Negeri Nias Utara (PDD-AKNIRA) angkatan ke IV mengikuti wisuda bertempat di Aula Pertemuan Kantor Bupati Nias Utara. Sabtu (6/9/2018)

Wisuda tersebut di pimpin oleh Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Elvin Hasman dan di hadiri oleh wakil Bupati Nias Utara, Ketua DPRD Nias Utara dan Pihak dari Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Kepala SKPD, Mantan Bupati Nias Utara, Wisudawan/I, orangtua wisudawan, Koordinator AKNIRA bersama para  dosen, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Koordinator AKNIRA, Agusman Zebua mengatakan, ke 53 lulusan tersebut, teridiri dari jurusan Budidaya tanaman Karet 20 orang, Ternak Potong 15 orang dan budidaya ikan air tawar 18 orang, dan telah di bekali berbagai ilmu pengetahuan sehingga mampu berwira usaha di tengah-tengah masyarakat.

“ pihaknya terus mendorong agar lulusan AKNIRA membangun Perekonomian masyarakat utamanya dalam mengelola sumber daya alam yang mampu dikembangkan di Kabupaten Nias Utara” Ujar, Agusman.

Kemudian,kata Agusman, bahwa pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan status  PDD AKNIRA sehingga nantinya bisa mandiri dan jenjang Program Diploma Dua (D2) bisa meningkat ke Diploma tiga (D3) bahkan ke Strata Satu (S1).

Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Elvin Hasman menyampaikan, ucapan selamat dan sukses kepada para wisudawan/i dan di minta untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“ Diminta kepada Pemerintah daerah agar  wisudawan/I PDD AKNIRA bila memungkian dapat membuka lapangan pekerjaan atau diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil “ Harap, Elvin.

Elvin juga menambahkan, bahwa PDD AKNIRA bisa mandiri bila ada dukungan dari pemerintah daerah, DPRD dan juga elemen masyarakat utamanya dalam pembangunan gedung Campus dan Fasilitas lainnya.

Wakil Bupati Nias Utara, Haogosokhi Hulu mengatakan, selalu mendoakan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh agar terus mendukung PDD AKNIRA agar para lulusan dapat berwira usaha di Kabupaten Nias Utara.

“Pihak pemerintah daerah juga terus mendukung PDD AKNIRA sehingga bisa mandiri dan mampu mengelola sumber daya alam utamanya bidang perikanan, pertanian dan peternakan  di Kabupaten Nias Utara “.

Haogosokhi juga menyatakan, bahwa Pemerintah daerah belum dapat membuka penerimaan CPNS untuk lulusan PDD AKNIRA dikarenakan yang mengatur ketentuan tersebut adalah pemerintah pusat sementara yang dapat dilakukan oleh Pemerintah daerah hanya pengangkatan honorer.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Hisikia Harefa meminta kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara agar lulusan AKNIRA dapat di angkat menjadi tenaga penyuluh pertanian, perikanan dan peternakan sehingga mampu bekerja di tengah-tengah masyarakat.

Diakhir sambutan Hisikia, bahwa lembaga DPRD akan terus mendukung program pemerintah daerah bekerjasama dengan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dalam mengembangkan PDD AKNIRA,terbukti tahun 2018 ini telah di sediakan anggaran untuk pembangunan gedung Campus sebesar Rp 5 milyar  melalui Dana Hibah, dan bila memungkinkan tahun 2019 mendatang kembali dialokasikan lagi melalui pembahasan di DPRD. (MH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00