• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Walikota Gunungsitoli Bagikan Ratusan Lembar Kartu Identitas Anak

3 October
10:46 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Walikota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua menyerahkan secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 512 lembar kepada siswa-siswi SMP Negeri 1 Kota Gunungsitoli. 
 
Pada kesempatan itu, Walikota mengatakan bahwa Kartu Identitas Anak (KIA) adalah program yang dicanangkan oleh Kementrian Dalam Negeri dan diatur dalam Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 yang terdiri dari dua jenis, pertama untuk anak-anak 0-5 tahun dan yang kedua untuk anak usia 5-17 tahun. 

"Kartu ini akan otomatis menjadi KTP ketika si anak berumur 17 tahun, sebab nomor yang tertera pada KIA tidak akan berbeda dengan nomor yang ada di KTP," ucapnya, Rabu (03/09/2018).

Melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli, lanjut Lakhomizaro, Pemerintah akan menerbitkan Kartu Identitas Anak sebanyak 6000 lembar sesuai dengan jumlah yang didistribusikan dari Kementerian Dalam Negeri hingga akhir tahun ini. 

"Ditargetkan seluruh siswa di wilayah Kota Gunungsitoli akan mendapatkan kartu ini, dimana Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kota Gunungsitoli akan melakukan perekaman dan penyerahan secara langsung ke sekolah-sekolah secara bertahap hingga tahun depan," tambahnya.

"Kartu ini sendiri mempunyai manfaat dimana dengan pemberian identitas kependudukan kepada anak akan mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak," tambahnya.

Adapun syarat-syarat pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) adalah: Anak usia kurang dari 5 tahun sudah memiliki akta kelahiran tetapi belum memiliki KIA, penerbitan KIA dilakukan setelah memenuhi persyaratan seperti fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya, KK asli orang tua/Wali dan KTP-el asli kedua orang tuanya/wali.

Selanjutnya, Anak usia 5 tahun sampai dengan usia 17 tahun kurang satu hari, dengan persyaratan: fotokopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya, KK asli orang tua/Wali, KTP-el asli kedua orang tuanya/wali dan Pas foto Anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pengurusan dapat menyerahkan persyaratan di atas pada saat petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan perekaman di sekolah-sekolah atau dapat langsung mendatangi kantor dinas terkait di Jalan Pancasila Nomor 14B, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli.

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00