• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

BPJS Kesehatan Perkenalkan Rujukan Online Sebagai Kemajuan Pelayanan

28 September
12:23 2018
1 Votes (5)

KBRN, Gunungsitoli : Diera digitalisasi yang kian berkembang, setiap komponen masyarakat dituntut agar mampu mengaplikasikan teknologi. Tentunya kemajuan teknologi dan informasi ini muaranya untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi dan kebutuhannya. Kemajuan teknologi ini juga terus berkembang diranah pelayanan kesehatan. BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sesuai amanat Undang - Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, terus mengembangkan sistem teknologi guna mempermudah akses pelayanan bagi peserta JKN-KIS. Setelah sukses meluncurkan aplikasi Mobile JKN yang telah memeberikan manfaat kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan kembali memperkenalkan sebuah sistem Rujukan Online. Sistem Rujukan Online adalah digitalisasi proses rujukan berjenjang untuk kemudahan dan kepastian peserta dalam memperoleh layanan di rumah sakit disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas Rumah Sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Wilser Napitupulu mengatakan rujukan online ini adalah sebuah kemajuan pelayanan yang sangat bermanfaat bagi peserta JKN-KIS dan Fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Sistem rujukan on line yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan diera JKN-KIS, merupakan digitalisasi sistem rujukan yang memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS dan pemberi layanan kesehatan”, pujinya.

Menurutnya jika dicermati, manfaat rujukan online bagi peserta JKN-KIS, secara garis besar ada 5 Point, yaitu pelayanan lebih ringkas, mengurangi lama antrian, memitigasi potensi penolakan karena tidak membawa surat rujukan (dokumen sudah terekam secara digital), proses administrasi yang mudah, rujukan real time. Untuk saat ini memang di Kota Gunungsitoli, manfaat ini belum bisa secara spontan dirasakan oleh peserta, tetapi secara bertahap akan dijalankan secara maksimal dan sedang menuju kearah manfaat yang utuh dari rujukan on line ini. Sedangkan untuk fasilitas kesehatan, rujukan online memberikan manfaat yaitu, mendapatkan informasi calon peserta secara lengkap, sehingga dapat melakukan rencana terapi yang diperlukan, tersedianya data yang akurat untuk analisis monitoring dan evaluasi, jalur koordinasi antara faskes secara real time, mengurangi biaya administrasi, dan hemat waktu.

Wilser Napitupulu juga menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang terus memberikan inovasi demi kemajuan Program JKN-KIS. Beliau juga menyampaikan, bahwa pihaknya akan memastikan sitem rujukan online ini berjalan secara maksimal.

“Kami akan berkoordiansi dengan FKTP khususnya Puskesmas yang berada di wilayah Kota Gunungsitoli agar menjalankan sistem Rujukan online ini secara maksimal, akan tetapi ini kami jalankan secara bertahap atau step by step”, ujar Wilser.

 Hal ini jelasnya karena ada beberapa kendala seperti masalah jaringan dibeberapa puskesmas diwilayah Kota Gunungsitoli, kendala ini disebabkan letak geografis yang jauh dan belum didukung dengan jaringan internet dan lain sebagainya, bukan karena ketidakmampuan dari aplikasi ini, melainkan karena jaringan yang belum memadai dibeberapa daerah.

” Harapan kami adalah agar BPJS Kesehatan senantiasa memberikan inovasi yang baik untuk semua pihak, dan terus mengembangkan sistem rujukan online ini, dan kami dari Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli akan menjalankan sistem rujukan online ini secara maksimal demi kemudahan peserta JKN-KIS dan pemberi fasilitas kesehatan”, imbuhnya.

Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Harry Nurdiansyah mengatakan BPJS Kesehatan akan senantiasa memberikan terobosan baru, yang ditujukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan, tentunya dengan ketentuan yang berlaku. Sistem Rujukan Online yang saat ini sedang berjalan akan dipantau pelaksanaanya hingga berjalan dengan maksimal. 

Dalam pertemuan-pertemuan kami juga akan mensosialisasikan Sistem Rujukan Online ini kepada masyarakat, sehingga secara bertahap masyarakat paham dengan rujukan online ini dan bisa berjalan optimal di kepulauan Nias,” tutupnya.(IND)

 

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00