• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Gedung SMP N 8 Alasa Nias Utara Belum Tersentuh Pembangunan Dari Pemerintah

26 September
11:07 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Gedung Sekolah Menengah Pertama  (SMP) Negeri 8 Alasa di Desa Loloanaa Kecamatan Alasa  Kabupaten Nias Utara, sangat memprihatinkan.

Salah Seorang Warga setempat Yupiter Hulu kepada RRI mengatakan, bahwa gedung sekolah yang telah di bangun sekitar 3 tahun yang lalu itu merupakan swadaya masyarakat dan kondisi ruang belajar saat  ini sudah mulai lapuk bahkan ada yang sudah roboh dikarenakan dinding dan atapnya terbuat dari Papan dengan daun rumbian.

Yupiter menyatakan, bila hujan deras proses belajar mengajar di SMP Negeri 8 Alasa sangat terganggung karena atapnya yang belum di perbaiki, dan kondisi ini sangat diminta perhatian serius pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara, agar gedung sekolah tersebut segera di bangun secara permanen.

Yupiter menyebutkan, jumlah siswa di SMP Negeri 8 Alasa mencapai 90 orang dari Kelas 7 sampai kelas 9 sehingga perlu perhatian dari Pemerintah daerah untuk membangunan gedung permanen di sekolah tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara, Binahati Waruwu menyatakan, bahwa pembangunan gedung sekolah baru khususnya di SMP Negeri 8 Alasa belum ada anggaran tahun 2019 melalui Dinas pendidikan Kabupaten Nias Utara.

Menurut Binahati, Solusi terbaik agar gedung tersebut dapat di bangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yakni pihak kepala Sekolah terus meng-update data pembangunan unit sekolah baru di SMP Negeri 8 Alasa melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan bila hanya berharap dari Dinas Pendidikan maka butuh proses yang cukup lama.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00