• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Satgas DD Kemendes RI Lakukan Monitoring Di Nias Utara.

21 September
15:49 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Ketua tim Satgas Dana Desa (DD) Kementerian Desa Republik Indonesia (Kemendes RI)  M.Fathurahman mengatakan, monitoring dan Evaluasi pengelolaan dana desa di Kabupaten Nias Utara, dilaksanakan Berdasarkan surat tugas Inspektorat Kementrian Desa dan juga surat tugas Kepala Satuan Tugas Dana Desa. 

Fathurahman menjelaskan, kegitan monitoring di Kabupaten Nias Utara di laksanakan mulai tanggal 18 sampai 22 September 2018, dan untuk mensukseskan program satgas dana desa tersebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Polres Nias juga Bupati Nias Utara melalui Dinas Pembedayaan Masyarakat (DPMD) dan Inspektorat. 

Fathurahmaan menyatakan, selama berada di Kabupaten Nias Utara, pihak Satgas dana desa telah berkunjung di Desa Silima Banua Kecamatan Tuhemberua dan ditemukan bahwa pengelolaan dana desa tidak ada kegiatan pemberdayaan semua untuk kegiatan fisik.  

Kemudian, di Desa Hiliduruwu Kecamatan Sawo terdapat kegiatan Fisik dan Pemberdayaan namun masih ditemukan pengelolaan yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku sehingga pihaknya di dua desa tersebut memberikan rekomendasi agar pengelolaan dana desa sesuai peraturan Menteri Desa Nomor 19 tahun 2017.  

Fathurahman menambahkan, selain berkunjung di dua desa, pihaknya telah memberikan arahan kepada 41 kepala desa yang belum menerima pencairan DD tahap kedua, bertempat di ruang pertemuan Kantor DPMD Kabupaten Nias Utara. 

“agar ke 41 Desa di Nias Utara dapat mengelola  dana desa sesuai regulasi, seperti pada penetapan Silpa, APBDes serta mengurangi masalah yang ada, sehingga pencairan dana desa tahun 2018 ini sesuai batas waktu” Terang, Fathurahman.  

Perlu diketahui, bahwa Satgas DD bertugas untuk mengurai permasalahan yang ada dalam pengelolaan dana desa serta tata cara penyelesaiannya. 

Diakhir keterangan Fathurahman, bahwa Hasil monitoring pengelolaan dana desa di Kabupaten Nias Utara, akan di sampaikan melalui pertemuan kepada Pihak DPMD, Inspektorat Kabupaten Nias Utara dan kepolisian serta membiacarakan solusi terhadap temuan tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00