• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HUKUM

Polres Nias Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018

20 September
11:55 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Polres Nias menggelar Apel pasukan operasi mantap brata Toba 2018 di halaman Mapolres Nias. Kegiatan tersebut ditandai dengan penyematan Pita Operasi oleh Wakapolres Nias Kompol Elizama Zalukhu, Rabu (19/08/2018). 

Pada kesempatan itu, Wakapolres Nias membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia menyampaikan bahwa melalui Apel gelar pasukan operasi mantap brata Toba 2018 kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan keamanan negeri yang kondusif di wilayah provinsi Sumatera Utara. 

"Ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan. Dengan demikian pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar dan damai," sebut Wakapolres. 

Dikatakan, pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlemen sebesar 4%. 

"Untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan Stakeholder terkait lainnya akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Mantap Brata 2018 yang dilaksanakan selama 397 hari di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personil Polri," tambahnya. 

Kapolri juga menegaskan kepada seluruh Personil diantaranya untuk menjaga netralitas TNI dan Polri serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan pemilu. Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjudnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

Selanjutnya, gelorakan deklarasi pemilu damai dimasing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu.

"Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana pemilu yang diselenggarakan melalui sentra gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif," ucapnya mengakhiri. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00