• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HUKUM

Perpustakaan Lapas Kelas IIB Gunungsitoli Rajin Dikunjungi Warga Binaan

14 September
16:34 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Hari ini 14 September 2018 bertepatan dengan hari kunjungan perpustakaan, RRI menyambangi Perpustakaan Lapas Kelas IIB Gunungsitoli yang bekerjasama dengan Kandang Buku.

Perpustakaan yang menempati sisi sebelah kanan gedung Lapas memiliki ruangan seluas 8 kali 4 meter dengan dinding berupa kawat tembaga sehingga udara dengan leluasa keluar masuk dan membuat suasana cukup nyaman di perpustakaan tersebut. Sebuah meja bulat tepat berada ditengah ruangan tempat buku daftar peminjaman, dan di dinding beton melekat rak-rak berisi buku-buku yang diatur rapi.

Piyan salah seorang warga binaan mengatakan jumlah buku diperpustakaan itu sebanyak 2148 dan ada 61 buku yang mengalami kerusakan, buku-buku Fiksi dan bernuansa religi sangat diminati warga binaan.

“ Banyak kak yang minjam buku disini, mereka sih suka baca novel dan buku agama”, jelasnya riang.

Setiap harinya sejak perpustakaan dibuka mulai pukul 8 hingga pukul 12 siang sebelum jam makan siang, jumlah kunjungan rata-rata 30 orang perhari bahkan bisa mencapai 50 orang.

Pemustaka yang paling rajin datang mendapat kepercayaan dari Kepala Lapas II B Gunungsitoli Mohammad Ilham Agung Setyawan untuk mengikuti Lomba Menulis yang diselenggarakan Kementrian Hukum dan HAM RI yang bekerjasama dengan Pustaka bergerak Indonesia.

“ Ada 9 warga binaan dewasa dan 4 warga binaan anak-anak yang kita percayakan mengikuti lomba ini”, tutur Ilham Jum’at, (14/9/2018).

“ Kami bermitra dengan TBM Kandang Buku untuk mendampingi warga binaan menulis karyanya”.

Pada kesempatan yang sama Pimpinan TBM Kandang Buku Reni Cahya Mutiasari mengatakan kemampuan warga binaan cukup mencengangkan, puisi-puisi yang mereka tulis sangat dalam dan menyentuh hati.

“ Selain puisi, saya sedang mendorog mereka untuk membuat essay”, pungkas Reni. (IND)

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00