• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli Sosialisasikan Program JKN-KIS kepada PT Tripatra Engineers and Constructors

14 August
13:08 2018
1 Votes (5)

KBRN, Gunungsitoli :  Menuju cakupan semesta 2019 yang sudah di depan mata, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli semakin gencar melakukan sosialisasi program JKN-KIS dan rekrut peserta baik dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) maupun Non-PBI. PT Tripatra Engineers and Constructors salah satu badan usaha yang dikunjungi oleh BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli. PT Tripatra Engineers and Contructors merupakan badan usaha yang kurang lebih memiliki 300 orang  pekerja dan merupakan vendor yang menjalankan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Kepulauan Nias.

 

Sosialisasi yang di lakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli bertujuan untuk memberikan pemahaman yang tepat kepada peserta dan calon peserta JKN-KIS tentang alur pelayanan di era JKN-KIS serta hak dan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap peserta. Disamping itu, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli melakukan sosialisasi dalam rangka menjalankan fungsinya yaitu melakukan rekrutmen peserta di kantor PT. PT Tripatra Engineers and Constructors. Rekrutmen peserta yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan semata-mata untuk memastikan, bahwa seluruh masyarakat Indonesia termasuk pekerja, mendapatkan jaminan kesehatan, sehingga pekerja dan keluarganya memiliki jaminan kesehatan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan, Buara Ginting, “BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik, yang ditugaskan atau diamanatkan oleh Undang-Undang untuk menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dalam menjalankan roda program JKN-KIS, tentunya BPJS Kesehatan memiliki tugas dan tanggung jawab. Salah satunya diantaranya ialah melakukan rekrutmen peserta JKN-KIS. Saat ini kami melakukan sosialisasi dan rekrutmen peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang berasal dari badan usaha. Kami mengunjungi PT Tripatra Engineers and Contructors untuk melakukan sosialiasi seputar JKN-KIS yang tujuannya untuk memastikan pekerja dan pemberi kerja telah terlindungi oleh JKN-KIS.”

Dalam pemaparan materi, Kepala Bidang PPK BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli menyampaikan, bahwa Kepesertaan JKN-KIS bersifat wajib dan mencakup seluruh penduduk Indonesia, baik Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing yang berkedudukan di Indonesia selama 6 bulan atau lebih. Buara menyampaikan,  “Pasal 6 ayat (1) PP Nomor 111 Tahun 2013, bahwa Kepesertaan Jaminan Kesehatan bersifat wajib dan mencakup seluruh penduduk Indonesia, dengan ketentuan  besaran iuran JKN-KIS adalah 5 persen dari gaji yang diterima oleh pekerja, dengan persentase 4 % dari Pemberi Kerja dan 1 % dari Pekerja. Kami juga telah menyampaikan hak-hak yang akan didapatkan oleh peserta JKN-KIS apabila membutuhkan pelayanan baik ditingkat FKTP maupun di tingkat FKRTL. Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini pekerja dan pemberi kerja PT Tripatra Engineers and Constructors dapat segera melakukan pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS sehingga seluruh pekerjanya memiliki perlindungan jaminan kesehatan,” tutupnya. (IND)

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00