• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal Nias

7 June
14:47 2018
1 Votes (5)

KBRN, Gunungsitoli: WVI ADP NIAS 1&2 menyelenggarakan Workshop Buku Kajian Nilai-nilai Kearifan Lokal Nias Buku Pendukung Implementasi Pendidikan “Famaeri” bertempat di ruang pertemuan  Museum Pusaka Nias, Kamis (7/6/2018).

Manager WVI ADP NIAS 1&2 Marcel Sinay mengatakan tujuan pelaksanaan workshop itu yakni memfinalkan buku panduan pendidikan karakter sesuai konteks nilai atau pendidikan Famaeri untuk dapat diadopsi oleh pemerintah di Nias, Nias barat dan Nias Utara. Tujuan akhirnya menurutnya adalah bagaimana Nias dapat mengimplementasikan pendidikan karakter sesuai dengan strategi nasional Presiden Jokowi tentang revolusi mental.

“ Buku ini akan menjadi pengantar untuk buku implementasi pendidikan karakter Nias”, jelas Marcel.

Proses ini sendiri ungkapnya sudah dimulai beberapa tahun belakangan ini, banyaknya karakter Nias yang dimunculkan serta kecocokan waktu tim ahli membuat proses pembuatan buku ini cukup lama.

“ Pertemuan hari ini adalah untuk menyempurnakan draft buku ini agar bisa diteruskan penyusunan silabus atau kurikulum kedalam materi ajar di sekolah dasar”, imbuhnya.

Berikutnya menurut Marcel akan dilaksanakan workshop penyusunan kurikulum dan pembentukan sebuah sekolah percontohan oleh dinas pendidikan untuk menyempurnakan materi ajar tersebut sebelum diimplementasikan diseluruh sekolah dasar di Nias.

Salah seorang peserta workshop Firman Hia, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan kabupaten Nias Barat menyambut baik hadirnya buku Workshop Buku Kajian Nilai-nilai Kearifan Lokal Nias.

“ Mudah-mudahan nanti buku kajian ini secepatnya bisa digunakan paling lama tahun depan”, harap Firman.

Adapun peserta Workshop tersebut meliputi tim ahli atau konsultan Ephorus BNKP Dr. Tuhoni Telaumbanua dan Dr. Sadieli Telaumbanua, sedangkan penulis terdiri dari F.G Martin, Yas Harefa, Marison Zalukhu, Nikodemo Daeli dan Binahati Waruwu. (IND)


 

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00