• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Puluhan Kilometer Ruas Jalan Nasional di Nias Rusak Jauh Dari Pengawasan Pemerintah Pusat

6 May
12:37 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Polemik pemeliharaan ruas jalan nasional di daerah terpencil di Kepulauan Nias terkesan asal jadi dan jauh dari pengawasan. Sepanjang 170 Kilometer ruas jalan nasional yang terdapat di Pulau Nias, 80 Kilometer diantaranya dalam kondisi rusak. 

Perbaikan sejumlah titik ruas jalan nasional dari Kota Gunungsitoli menuju Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara, kerap mengancam keselamatan para pengendara. Pasalnya, pekerjaan tambal sulam yang dilakukan PPK-15 CS Gunungsitoli di sejumlah ruas jalan tidak langsung di tangani sehingga galian aspal yang dilakukan terbiarkan hingga berminggu-minggu. 

Tidak jarang aspal yang telah pecah dan berlubang usai dikerjakan dibiarkan hingga menunggu material kebutuhan mencukupi kuota perbaikan. Akibatnya, keselamatan pengendara yang melintasi jalan nasional dikepulauan Nias sering mengalami kecelakaan akibat sejumlah ruas jalan yang rusak dan berlubang belum ditutupi aspal. 

"Inilah salah satu kendala yang kita alami bahwa ketersediaan bahan produksi di Nias masih sangat minim," ujar J. Silaban selaku Pelaksana Rutin kegiatan padat karya, Minggu (06/05/2018). 

Ironisnya PPK-15 CS yang melakukan pekerjaan padat karya pada perbaikan ruas jalan nasional dari Kota Gunungsitoli menuju Kabupaten Nias Selatan hanya dikerjakan oleh beberapa orang pekerja saja. Jumlah pekerja tidak sebanding dengan volume pekerjaan yang sangat banyak, padahal sudah memasuki pertengahan tahun. 

Sementara anggaran hingga puluhan miliar rupiah yang dikucurkan untuk perbaikan jalan nasional dikepulauan Nias diduga menjadi lahan korupsi para pelaksana karena tidak adanya pengawasan yang serius dari pemerintah pusat. 

Meski demikian, pihak PPK-15 CS meminta kepada pengendara sepeda motor maupun roda empat agar tetap berhati-hati melintasi sejumlah ruas jalan nasional yang sedang dikerjakan karena terdapat beberapa lubang yang dapat membahayakan pengendara jika tidak waspada. 

"Ya kami minta khususnya pengendara sepeda motor apalagi pada malam hari agar berhati-hati melintasi ruas jalan nasional karena sedang ada perbaikan," tambahnya. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00