• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum

Minimalisir Aparat Desa Terjerat Hukum, Pemkab Nias Barat Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan

3 May
16:23 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Pemerintah Kabupaten melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Nias Barat mengadakan pelatihan pengelolaan keuangan Desa bagi aparat desa se-Kabupaten Nias Barat di Hall Tokosa Onolimbu, Kamis (03/05/2018).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Barat Faduhusi Daely tersebut diikuti oleh 105 Kepala Desa, 105 Bendahara Desa dan 105 Operator Desa se-Kabupaten Nias Barat. Tujuannya adalah melalui pelatihan diharapkan aparatur desa yang membidangi sistem pembuatan laporan keuangan desa dapat meminimalisir kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan desa.

Dalam arahannya, Bupati Nias Barat mengatakan bahwa kebijakan Pemerintah daerah ini merupakan peluang emas dan kesempatan yang baik bagi Kepala Desa dan aparat-nya mendapatkan ilmu dan pengetahuan dalam pengelolaan Keuangan Desa sehingga dapat mengurangi kesalahan-kesalahan dalam pengelolaan dan pembuatan laporan Dana Desa. 

"Selain Pemerintah dan TNI-Polri, Dana Desa juga selalu diawasi oleh Media, LSM dan Masyarakat, sehingga diharapkan pengelolaan Dana Desa benar-benar akuntabel dan sesuai aturan dan mekanisme yang ada," tegas Bupati.

Bupati menegaskan bahwa yang menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) adalah Muswarah Desa dan didampingi oleh Konsultan Desa. Ingat bahwa bukan Konsultan Desa yang membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB). Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai bentuk permasalahan yang bakal timbul dan yang menjadi sumber pergolakkan di Desa. 

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak dialog peserta pelatihan sekaligus menanyakan kendala-kendala yang dihadapi di masing-masing desa terutama dalam mengelola keuangan dan menawarkan serta memberikan solusi dan cara pemecahan setiap masalah yang ada. 

"Pergunakan waktu pelatihan selama dua hari ini dengan banyak bertanya. Saya tidak mau ada kepala desa yang tidak mengerti mengelola keuangan Desa yang pada akhirnya harus berurusan dengan hukum," tambahnya. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00