• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Minimnya Maskapai Penerbangan Nias-Medan Tarif Tiket Dimonopoli

1 May
11:08 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Minimnya maskapai dan jumlah Flight penerbangan yang melayani rute bandara udara Binaka Gunungsitoli Nias tujuan Bandar Udara internasional Kualanamu Medan, harga tiket pesawat diduga dimonopoli hingga melambung tinggi. 

Pihak maskapai yang melayani penerbangan Binaka Gunungsitoli-Kualanamu Medan, diduga monopoli tarif tiket pesawat dengan menggunakan tarif batas atas karena minimnya maskapai yang melayani penerbangan. 

Sudah sepekan terakhir, sejumlah calon penumpang yang menggunakan jasa penerbangan dari Bandar udara Binaka Gunungsitoli menuju Kualanamu Medan mengeluh dan protes akibat tingginya harga tiket yang sudah menembus angka hingga satu juta rupiah lebih. 

"Tarif tiket pesawat yang biasanya dikisaran 500 ribu rupiah hingga 700 ribu rupiah, kini sudah tembus hingga satu juta dua ratus ribu rupiah dan ini berbanding terbalik harga tiket Medan ke Jakarta malah lebih murah padahal jarak tempuh beda 1jam," ujar salah seorang calon penumpang pesawat, Novan Gea, Selasa (01/05/2018).

Hal senada juga disampaikan Johanes Purba, menyebutkan bahwa sebelum pihak maskapai menaikkan tarif tiket, semestinya dikeluarkan surat edaran penyebab dikenakannya tarif batas atas harga tiket pesawat agar tidak terjadi monopoli harga dikawasan-kawasan tertentu.

"Namun menurut informasi dari maskapai penerbangan di Gunungsitoli kenaikan harga tiket diakibatkan tingginya lonjakan penumpang yang membutuhkan jasa penerbangan Gunungsitoli-Medan," ungkapnya. 

Akibat melambungnya harga tiket saat ini dari Gunungsitoli-Medan dan sebaliknya, sempat menyulitkan warga dikepulauan Nias karena akses transportasi keluar dan masuk di Pulau Nias hanya melalui laut dan udara. 

Saat ini, setiap harinya pengguna jasa transportasi udara dari bandar udara Binaka Gunungsitoli menuju Kualanamu Medan mencapai tujuh ratus orang hingga seribu orang penumpang. Sementara tingginya harga tiket pesawat dari dua maskapai yang melayani yakin Wings Air dan Garuda di keluhkan warga karena tidak terjangkau. 

"Ini dari sistem pusat sudah begini harganya bang. Memang belum ada surat edaran terkait kenaikan harga tiket pesawat Gunungsitoli ke Medan. Kami juga terus berupaya menghubungi kantor pusat agar diberikan surat," ucap salah seorang petugas maskapai Wings Air yang tidak ingin namanya disebutkan. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00