• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum

Polres Nias Tetapkan Dua Tersangka Kasus Pencurian Uang Nasabah BRI Kantor Kas Lotu

18 April
12:49 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Polres Nias melalui Penyidik Satreskrim akhirnya menetapkan dua orang tersangka tindak pidana pencurian dan atau pemalsuan dokumen dan atau penipuan yang dialami nasabah BRI Kantor Kas Lotu atas nama Atinila Zalukhu. 

Hal itu disampaikan Kapolres Nias AKBP Erwin Horja H Sinaga kepada sejumlah juru warta saat melakukan jumpa pers di Mapolres Nias. Hal ini juga terkait atas pengembangan dari  laporan korban yang mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. 

Kedua orang yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut, kata Kapolres, adalah MPZ alias Meiman, warga Desa Botolakha Kecamatan Tuhemberua Kabupaten Nias Utara dan RDFZ alias Santi warga Desa Sihare'o Siwahili Kecamatan Gunungsitoli Barat Kota Gunungsitoli. 

"Kedua tersangka tersebut hingga kini masih mendekam diruang tahanan Mapolres Nias dan pihak penyidik masih terus mengembangkan kasus ini," ucap Kapolres Nias, Rabu (18/04/2018).

Sejumlah barang bukti yang telah diamankan, kata Kapolres Nias, yakni 1 unit Mobil, Buku tabungan atas nama milik korban, 100 lembar uang pecahan 100 ribu rupiah, surat formulir pembukaan rekening perorangan dan sejumlah barang bukti lainnya. 

"Penyidik masih terus melakukan pengembangan. Kuat dugaan masih ada tersangka lain atas kasus ini," tandasnya. 

Kronologis singkat kejadian pencurian uang nasabah hingga berujung kepada penahanan kedua pelaku tersebut, lanjut Kapolres, adalah bermula saat nasabah bank BRI Atinila Zalukhu melaporkan bahwa uang didalam rekeningnya hilang sebesar Rp 808 juta. 

Uang tersebut berasal dari klaim asuransi PT. Prudential untuk suami korban yang telah meninggal dunia pada bulan Maret 2017 yang baru di cairkan pada tanggal 07 Maret 2018 kepada Atinila Zalukhu. 

"Atas perbuatannya kepada kedua tersangka akan dijerat dengan pasal 362 ayat 4, pasal 362 dan pasal 378 dari KUHPidana," jelasnya. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00