• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara Gelar Sejumlah Aksi ke Daerah Terisolir

14 April
15:28 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Nias Utara, Dermawani Gea,  melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa Meafu Kecamatan Lahewa Timur Kabupaten Nias Utara.

Dalam aksinya Ketua bersama rombongan selenggarakan monitoring dan evaluasi Halaman Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman (Hatinya PKK) bersama TP-PKK Kabupaten dan TP-PKK Kecamatan Lahewa Timur di Desa Meafu.

Dalam kegiatan sosial dan kunjungan Tim Monev Hatinya PKK ini, turut dihadiri oleh Bupati Nias Utara, Kepala Dinas Kesehatan, Kadis Kependudukan, Kabid PU, dan jajaran unsur Muspika se-Kecamatan Lahewa Timur, dan Perangkat Desa Meafu.

Ketua TP-PKK Kabupaten Nias Utara, Dermawani Gea, menyampaikan bahwa Desa Meafu ini merupakan desa yang memiliki potensi agro dengan memanfaatkan pekarangan yang ada di setiap rumah untuk memenuhi kebutuhan sendiri bahkan dapat membantu perekonomian keluarga.

"Pada intinya PKK diajak untuk bekerja sama dengan instansi yang ada untuk menggalakkan usaha swasembada pangan tingkat kecil dengan pemanfaatan lahan pekarangan yang maksimal dan menggandeng Instansi pemerintah yang lain," ujar Dermawani. 

"Jadikan pekarangan rumah sebagai lumbung hidup keluarga. Artinya pekarangan rumah dapat membantu memenuhi makanan keluarga dengan menanam cabe, singkong dan sebagainya," tambahnya. 

Pantauan RRI, usai melakukan ramah tamah, kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi administrasi dan peninjauan lapangan serta melakukan kegiatan sosial seperti pemeriksaan dini kanker serviks kepada sejumlah ibu rumah tangga, pemberian susu dan telur bagi ibu dan balita. 

Selain itu, tim penggerak PKK Kabupaten Nias Utara juga melakukan aksi pengobatan gratis, pembagian kelambu bagi ibu hamil dan menggandeng BPJS dan Dinas kependudukan untuk melakukan perekaman data identitas bagi ratusan Kepala Keluarga yang belum pernah memiliki kartu identitas diri. 

Sementara itu, Amelia, salah seorang ibu rumah tangga yang memiliki balita menyambut baik dan senang mendapat perhatian dan sosialisasi penerapan pemanfaatan lahan pekarangan rumah dari tim penggerak PKK Kabupaten. 

"Selain sosialisasi yang sangat bermanfaat disampaikan, kami juga terbantu dengan pemberian sejumlah bantuan gizi anak. Intinya kami senang sudah didatangi oleh tim di daerah terisolir ini," ucapnya. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00