• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

15 Ribu Warga Nias Utara Belum Terekam Data E-KTP

14 April
13:21 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Terdapat 15.000 lebih warga Kabupaten Nias Utara hingga saat ini belum terekam data Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) yang tersebar di 11 Kecamatan di 112 Desa. Salah satu kendalanya adalah sebagian besar penduduknya masuk dalam wilayah terisolir. 

Hal itu disampaikan Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara kepada RRI saat melakukan kunjungan kerja ke salah satu wilayah terisolir yakni di Desa Meafu Kecamatan Lahewa Timur. 

"Untuk melihat langsung dan membantu warga di pelosok yang belum melakukan perekaman maka kita langsung jemput bola mengajak masyarakat untuk melakukan perekaman KTP Elektronik disalah satu rumah warga," ujar Bupati, Sabtu (14/04/2018).

Dikatakan, sulitnya warga di Kabupaten Nias Utara untuk memiliki data identitas pribadi berupa E-KTP hingga saat ini yaitu di pengaruhi oleh jauhnya jarak pelayanan dari perkampungan warga hingga waktu yang dibutuhkan cukup lama. 

Kabupaten Nias Utara, kata Bupati, hingga saat ini sebagian besar masih terdapat sejumlah wilayah yang tidak mudah diakses karena infrastruktur jalan belum tersedia, bahkan masih banyak Desa yang belum masuk jaringan listrik.

"Selain membantu warga, perekaman ini juga ada hubungannya kita buru untuk menyukseskan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara," jelas Bupati. 

Sementara itu, salah seorang tokoh warga Desa Meafu Faahakho Dodo Gea, menyampaikan bahwa jarak tempuh ke ibu kota kecamatan berjarak 30 Kilometer lebih dan dengan diadakannya perekaman langsung ini sangat membantu warga Desa Meafu. 

"Kami sangat terbantu dan senang di Desa kami diadakan langsung perekaman karena dari seribu lima ratus jumlah penduduk terdapat tiga ratus lebih warga belum pernah memiliki kartu identitas," ungkap Faahakho Dodo. 

Pantauan RRI, dari lima belas ribu penduduk yang belum melakukan perekaman data E-KTP di Kabupaten Nias Utara, hingga kini hanya bisa dilayani oleh dua alat perekam yang dimiliki Dinas kependudukan. Hal ini juga salah satu kendala dalam proses percepatan perekaman untuk pembuatan E-KTP di Kabupaten Nias Utara. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00