• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Akhirnya kota Gunungsitoli Memiliki Balai Uji Kendaraan Bermotor

29 March
12:48 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Setelah waktu yang cukup lama akhirnya Balai Uji Kendaraan Bermotor sejak 2 minggu lalu mulai dioperasikan oleh Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli Meiman K. Harefa yang dikonfirmasi RRI mengatakan Balai Uji Kendaraan Bermotor tersebut berlokasi di Desa Afia kecamatan Gunungsitoli Utara.

Balai Uji Kendaraan Bermotor bertujuan untuk memastikan kendaraan bermotor masih laik jalan sekaligus  untuk menyumbang pendapatan asli daerah di Kota Gunungsitoli.

“ Setiap kendaraan bermotor utamanya roda empat yang mengangkut orang dan barang wajib menjalani pengujian setiap tahun untuk memenuhi aspek keselamatan”, terang Meiman Jum'at (29/3/2018).

Selama ini pengujian laik atau tidak kendaraan bermotor di kepulauan Nias  harus dilakukan di Padang Sidempuan sehingga membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Ditambahkannya Tarif retribusi pengujian kendaraan bermotor digolongkan berdasarkan jenis kendaraan dan pelayanan pengujian kendaraan bermotor, seperti Biaya Uji Becak motor Rp.20 ribu, Mobil penumpang/pick up/ taxi dan sejenisnya Rp.40 ribu, mobil bus/mobil barang Rp.65 ribu, mobil barang 8 roda keatas Rp.75 ribu, mobil tangki 6 roda Rp.70 ribu, mobil tangki 6 roda ke atas Rp.90 ribu dan kereta gandengan, kereta tempelan Rp. 80 ribu.

Sejak beroperasi 2 minggu yang lalu dikatakannya sudah puluhan kendaraan bermotor yang sudah dilayani, dan pihaknya terus mensosialisasikan keberadaan balai ini kepada para pemilik kendaraan melalui petugas dinas perhubungan yang melaksanakan pengendalian disiplin di lapangan. (IND)


  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00