• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya Dan Pariwisata

Bupati Nias Utara Berangkatkan Kontingen di PRSU

22 March
19:34 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Kontingen utusan Kabupaten Nias Utara ke Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Kamis (22/3/2018) di berangkatkan secara resmi bertempat di Pendopo Kabupaten Nias Utara.

Bupati Nias Utara, M.Ingati Nazara,  mengatakan, pemberangkatan secara resmi kontingen dari Kabupaten Nias Utara yang akan tampil di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto Medan,  tanggal 29 Maret 2018 merupakan salah satu upaya agar kontingen benar-benar mempersiapkan diri sehingga nantinya penampilan kabupaten Nias Utara sesuai yang diharapkan.

Ingati menyampaikan, kontingen utusan Nias Utara tersebut akan menampilkan karya seni dan budaya, dengan mengambil thema : Famolo Fersi Nias Utara dengan atraksi seperti Famolo, kahe-kahe, humbolo lailo dan maena kreasi baru yang di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto Medan.

" Famolo Fersi Nias Utara adalah salah satu kegiatan nenek moyang pada zaman dulu dalam mengejar buruan dengan menggunakan tombak, jaring (U'O) dan perlengkapan lainnya yang di lakukan oleh masyarakt dari berbagai kalangan sehingga nantinya dapat berhasil mengejar buruan tersebut, seperti babi hutan, kijang, kancil dan buruan lainnya". Imbuh, Ingati.

Ingati menerangkan, Famolo tersebut perlu di lestrikan guna memperkokoh rasa kebersamaan sehingga menjadi contoh dalam mewujudkan pembangunan di Nias Utara dengan cara harus bekerjasama.

Ingati menyatakan, tentu pada keberangkatan ini pihak pelatih telah berupaya untuk melatih para kontingen dari Kabupaten Nias Utara dan pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas jeripayah pelatih. 

Kemudian, pihaknya juga mengucapkan terimakasi kepada orangtua dari peserta yang akan ikut pada penampilan seni budaya Nias Utara tersebut, semoga penampilan kita di tingkat provinsi Sumatera Utara dapat memberikan yang terbaik bagi warga Kabupaten Nias Utara.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara, Ny. Dermawani Gea mengatakan, selain penampilan budaya seni dan budaya Nias Utara di PRSU tahun 2018, Drekranasda Kabupaten Nias Utara mempromosikan produk unggulan dengan bahan local yakni keleomo.

“ Keleomo tersebut menjadi bahan anyaman yang di buat menjadi pernak-pernik untuk meja makan, meja tamu dan saat ini sudah ada di pavilion Kabupaten Nias Utara di Medan untuk di promosikan kepada masyarakat sumatera Utara ”. Ujar, Dermawani.

Hadir di acara pemberangkatan Kontingen tersebut, Wakil Bupati Nias Utara, Plt.Sekda, Asisten, kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan, pelatih dan Seluruh kontingen yang diberangkatkan dan undangan lainnya.(MH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00