• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum

Ratusan Ribu Uang Palsu Diamankan Polisi

19 March
16:44 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Aparat Kepolisian Resort Nias, mengamankan uang palsu (Upal) dari salah seorang pedagang warga Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias. Sejumlah uang pecahan seratus ribu tersebut didapatkan personil setelah pedagang tersebut melaporkan ke Polsek Idanogawo. 

Kapolres Nias AKBP Erwin Horja H Sinaga melalui Ps Paur Subbag Humas Polres Nias Bripka Restu Gulo membenarkan kejadian tersebut dan pihak kepolisian juga menggelar alat bukti berupa empat lembar uang palsu pecahan seratus ribu. 

"Jumlah uang palsu pecahan seratus ribu senilai empat ratus ribu dan saat ini personil sedang mengembangkan dan memburu pelaku pengedar upal ini," ujar Bripka Restu, Senin (19/03/2018).

Bripka Restu menuturkan, pengamanan empat lembar uang palsu tersebut didapatkan setelah korban melaporkan bahwa pada saat menjual dagangannya (beras) dipekan Idanogawo mendapatkan uang palsu dari pembeli. 

"Sesuai pengakuan korban saat melapor bahwa uang palsu tersebut ia terima dari hasil jualannya di pasar dari seseorang yang tidak dikenal," ucap Bripka Restu. 

Untuk itu, Bripka Restu mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada jika sedang melakukan transaksi jual beli terutama pada sore menjelang malam hari dengan menerapkan tiga D yakni Diterawang, Diraba, Dilihat keaslian uang yang diterima. 

"Masyarakat harus waspada jika sedang bertransaksi jual beli terutama pada malam hari karena biasanya pada waktu tersebut peredaran uang palsu kerap terjadi," katanya. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00