• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Kader Posyandu dan Bidan Desa Diminta Kurangi Kondisi Gizi Kurang dan Stunting

9 March
14:58 2018
1 Votes (5)

KBRN, Gunungsitoli: Kegiatan  Hari Gizi Nasional (HGN) ke-58 di Kabupaten Nias  berlangsung Jum’at (9/3/2018) di Aula pertemuan Laverna, Kota Gunungsitoli dengan Tema “Mewujudkan Kemandirian Keluarga Dalam  1000 hari Pertama Kehidupan (HPK) Untuk Pencegahan Stunting” dan Sub tema “Keluarga Nias Yang Bebas Stunting Dimulai Dari Kader Posyandu Yang Aktif Dan Cerdas”.

Manager  Wahana Visi ADP Nias, Marcell Sinay mengatakan kegiatan itu  merupakan kegiatan penting karena  sudah menjadi isu nasional. Melalui kegiatan peringatan HGN kiranya dapat membantu mengingatkan setiap stakeholder  yang terlibat dalam bidang kesehatan khususnya untuk kesehatan anak.

“ Semoga kader posyandu dan bidan desa dapat menjalankan program kesehatan khususnya untuk kesehatan anak”, pinta Marcell.

Senada dengan Marcel, Yeriadil Zebua mewakili kepala dinas PMD berharap melalui sosialisasi HGN  dapat memberikan informasi untuk kader posyandu dan pemerintahan desa dalam mengakses Dana desa untuk menjalankan setiap program di bidang kesehatan khususnya untuk posyandu di desa, dan harapannya supaya dana desa bisa berkontribusi langsung dalam kesehatan dan pencegahan stunting.

Sementara itu Dameria Ndraha Kabid kesehatan masyarakat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nias saat membuka kegiatan HGN  mengajak kader, fasilitator dan pemerintahan desa untuk membantu mengurangi kondisi anak kurang gizi dan stunting di desa.

“ Saya harapkan pada kegiatan sosialisasi ini kader posyandu dan bidan mengetahui  pentingnya kesehatan untuk anak supaya menjadi kader posyandu yang aktif dan cerdas”, harap Dameria.

Pada Kegiatan Hari Gizi Nasional itu dilaksanakan sosialisasi  tentang Hak-Hak Anak yang disampaikan oleh perwakilan dari  Dinas P2KB P2A dilanjutkan dengan Sosialisasi mengenai pencatatan kelahiran penduduk yang disampaikan perwakilan dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Nias kemudian sosialisasi mengenai Dana Desa yang bisa diakses oleh kader posyandu untuk program Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) dalam mencegah stunting.

Perayaan HGN kali ini diakhiri dengan perlombaan MPASI dengan bahan pangan lokal yang diikuti oleh kader posyandu. (IND).

 

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00