• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Ribuan Warga Nias Barat Kini Miliki Air Bersih dan Sanitasi Sehat

6 March
21:27 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Sejumlah warga Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat kini dapat menikmati air bersih sejak awal tahun ini. Fasilitas air bersih tersebut dibangun melalui proyek Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) tahun lalu.

Sarana air bersih ini menjadi berkah bagi warga yang bermukim di paling hulu sungai Lahomi sebab berbilang tahun warga kesulitan air bersih dan harus menyeberang sungai menuju sumber air. Namun kini kondisinya berbeda, bahkan sejumlah rumah sudah dialiri air bersih untuk diminum dan sanitasi.

Kepala Desa Iranogaila, Marieli Hia, menyambut baik dan senang warganya dapat menikmati air bersih dengan mudah meski saat ini warga masih mengambil air dari pusat penampungan air. 

"Kalau dulu air sangat sulit kami dapatkan karena harus menyeberang sungai sejauh 900 meter dari perkampungan namun dengan adanya Program Pamsimas yang dibangun oleh pemerintah tidak lagi kesulitan mencari air," kata Marieli Hia, Selasa (06/03/2018).

"Bahkan rencananya nanti kita pasang meteran disetiap pipa rumah warga dan menjadikan Badan Usaha Milik Desa," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Barat, Ester Maria Daeli, mengatakan, saat ini sarana air minum yang telah dibangun ada ditempat titik Desa yakni Iranogaila, Lahomi, Onowaembo dan Desa Fadoro. 

"Upaya kita dalam Pamsimas adalah akses air minum 100 persen aman dan sanitasi layak yang dapat diakses seluruh masyarakat," paparnya.

"Ada ratusan rumah warga telah terpasang pipa untuk mengaliri air bersih, namun masih ada juga keluarga yang rumahnya belum teraliri air bersih karena kendala pipa," tambahnya.

Ester menyebutkan bahwa Pamsimas tersebut merupakan Nawacita yang digagas Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, adalah Nawacita Ketiga, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa serta Nawacita kelima, yakni meningkatkan kualitas hidup serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga diharapkan, pembangunan daerah, khususnya peningkatan kesejahteraan lewat penyediaan air bersih dan sanitasi kian merata.

"Program ini sangat membantu masyarakat terutama yang selama ini yang susah mendapatkan air bersih jika masuk musim kemarau," tuturnya. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00