• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya Dan Pariwisata

Daun Bulu Damo Resmi Menjadi Pembungkus Nasi Khas Nias

3 March
15:18 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Walikota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua, meresmikan penggunaan daun "Bulu Damo" sebagai alat pembungkus nasi khas Nias, Sabtu (03/03/2018) siang. Kegiatan peresmian tersebut dilaksanakan di Pusat Jajanan kuliner khas Nias di Pasar Gomo Kota Gunungsitoli. 

"Ini dalam rangka peningkatan daya tarik wisatawan di Kepulauan Nias dan pemerintah Kota Gunungsitoli melakukannya melalui kuliner khas Nias," ujar Walikota. 

Dikatakannya, Kuliner merupakan satu paket dengan potensi wisata lainnya yang bisa menarik wisatawan untuk datang berkunjung dan berlama-lama disuatu daerah. Selama itu kuliner khas Nias nyaris terlupakan dan tertinggal dengan serbuan kuliner khas daerah lain yang dibawa oleh pendatang.

“Wisatawan jika berkunjung ke suatu tempat pasti terlebih dahulu memburu kulinernya. Untuk itu kita promosikan makanan kuliner Nias dengan menggunakan Bulu Damo,” jelasnya.

"Melalui Festival Kuliner Khas Nias masyarakat khususnya generasi muda mengenal dan menyukai kulinernya sendiri untuk selanjutnya bisa mempromosikan kepada orang lain sekaligus mendorong kreatifitas masyarakat dalam mengolah kuliner," tambahnya.

Pantauan RRI, usai me-launching pemakaian Bulu Damo dalam rangkaian acara Festival Kuliner Khas Nias, Walikota Gunungsitoli beserta unsur Muspida mengunjungi setiap masakan khas Nias yang diikuti 25 stand peserta. 

Pada kesempatan itu, rombongan Walikota Gunungsitoli mencicipi setiap kuliner yang dimasak oleh setiap tim peserta lomba dengan menggunakan daun bulu damo. Meski daun bulu damo belum ada nama ilmiahnya, namun masyarakat Kepulauan Nias sudah ratusan tahun telah menggunakannya. 

"Belum ada ditetapkan, pernah museum pusaka nias menyurati dan kirim sample ke kebun botani bogor dan sampai saat ini belum dibalas apa nama ilmiah dari daun Bulu Damo," ujar Kadis Pariwisata Kota Gunungsitoli Yasokhi T Harefa. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00