• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Hari Gizi Nasional Ke-58 Kabupaten Nias Utara

2 March
16:21 2018
3 Votes (5)

KBRN,  Gunungsitoli: Perayaan Hari Gizi Nasional (HGN) Ke – 58 Kabupaten Nias Utara Tahun 2018  berlangsung di Aula kantor Bupati Nias Utara, Jumat (2/3/2018).
Tema HGN tahun ini yakni Mewujudkan Kemandirian Keluarga dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) untuk Pencegahan Stunting dan Sub tema “Keluarga Nias yang bebas Stunting dimulai dari Kader Posyandu yang Aktif dan Cerdas". Kegiatan ini dihadiri oleh 128 orang peserta antara lain Kepala desa, tenaga kesehatan dan kader posyandu. 
Pada pembukaan kegiatan Marcell Sinay selaku Manager Wahana Visi Indonesia ADP Nias menyampaikan  kegiatan ini adalah salah satu bentuk kegiatan WVI bersama Mitra dalam mencegah stunting khususnya di wilayah dampingan WVI maka dari itu ia mengajak semua pihak mewujudkan pencegahan stunting dengan perbaikan Gizi dimulai dari keluarga tentunya tidak terlepas dari peran para Kader Posyandu yang aktif dan Cerdas. 
Mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara Marniati Telaumbanua  pada sambutannya mengajak semua pihak untuk berperan dengan aktif mencegah stunting, dan harapan kepada para Kader posyandu dan tenaga kesehatan untuk menjadi pendamping individu yang aktif di setiap keluarga sehingga tercipta keluarga yang sejahtra melalui gizi yang baik, juga berterimakasih kepada WVI yang telah ambil bagian mendukung program Pemerintah mengurangi angka stunting di wilayah Nias utara. 
Sementara itu Sekdis Dinas Kesehatan Samuel Zega saat membuka kegiatan berterimakasih kepada WVI yang telah memprakarsai Kegiatan Perayaan Hari Gizi Nasional di Nias Utara tahun ini, beliau juga menyampaikan bahwa kesehatan merupakan investasi yang tinggi yang tidak bisa dibeli dengan uang, untuk itu mari kita mewujudkan kesehatan yang baik melalui gizi yang baik, serta mari kita memperbaiki pola hidup melalui pola makan dan pelayanan kesehatan di semua sektor,dan  mendukung penuh kegiatan HGN ini demi terwujudnya kebutuhan Gizi anak yang dimulai dari janin hingga umur 2 tahun sehingga tercipta anak-anak yang sehat dan cerdas. 
Hari Gizi Nasional ini dibarengi dengan sosialisasi Hak Anak oleh Priskila dari WVI, kemudian Sosialisasi Cara Pengurusan Akta Lahir dari Disdukcapil oleh Melianus Zega.
Demikian juga Dinas PMD dalam hal ini Happy D. Zega juga ikut ambil bagian  mensosialisasikan mengenai Dana Desa yang bisa diakses oleh kader posyandu untuk implementasi program PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak) sebagai langkah pencegahan Stunting,  termasuk Dinas kesehatan juga dalam Rosana Poluan menyampaikan Peran kader Posyandu dalam mewujudkan Kemandirian Keluarga dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan. 
Perayaan HGN ini diakhiri dengan lomba MPASI Bahan Pangan Lokal diikuti oleh seluruh kader posyandu dan sebelumnya telah dilaksanakan lomba Foto dan Video Posyandu.  (IND) 

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00