• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum

Selewengkan Dana Desa, Kejaksaan Negeri Nias Selatan Tahan Kepala Desa Hilifalagõ

2 March
07:22 2018
0 Votes (0)

KBRN, Nias Selatan: Kepala Desa Hilifalagõ, Kecamatan Onolalu, Kabupaten Nias Selatan dengan inisial TB H ditahan Kejaksaan Negeri Nias Selatan atas dugaan penyelewengan dana desa tahun anggaran 2016.

Proses penahanan diawali dengan pemanggilan pada Rabu (28/02/18) oleh Kejaksaan Negeri Nias Selatan dan pada saat itu dilakukan penahanan dan ditetapkan sebagai tersangka. Tersangka terbukti melakukan pengurangan volume kerja pembangunan semenisasi jalan, mark up harga satuan dan pemotongan honor.

“Perkara kami tangani sendiri dan melakukan penyelidikan sendiri dan pada hari rabu berkesimpulan menetapkan tersangka dan langsung kita tahan selama 20 hari di rutan gunungsitoli,” Ujar Chalis Al Rossi, SH, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Nias Selatan, selaku penyidik.

Kepada RRI ia mengatakan dana desa yang diselewengkan di atas 100 juta rupiah yang selanjutnya akan dilakukan pemberkasan dan akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor untuk proses persidangan.

“Perhitungan belum selesai, cuma ada beberapa yang sudah dihitung gambaran kasarnya diatas 100 juta. Kami juga bekerjasama dengan ahli dari PU dan inspektorat untuk melakukan perhitungan karena pihak inspektorat sudah ada auditornya,” jelasnya.

Untuk pasal yang dikenakan kepada tersangka, ia mengatakan masih belum ditentukan menunggu pada saat persidangan dilakukan. Namun kepada tersangka ia mengatakan dapat dijerat dengan UU Tipikor pasal 2 atau Pasal 3 sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan pada saat proses pengadilan. (IMAN TEL)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00