• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

0,74 % Alokasi Anggaran Untuk Anak di Kota Gunungsitoli

13 February
15:56 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Sebuah anggaran yang berpihak kepada anak memiliki 4 konsep besar, demikian disampaikan Direktur Eksekutif Yayasan PKPA Indonesia Keumala Dewi saat berlangsung Focus Group Discussion dalam rangka pembuatan Buku Panduan Penyusunan Anggaran Yang Responsif Hak Anak Bagi Pendamping Desa di Kota Gunungsitoli tahun 2018, bertempat di aula P2TP2A kabupaten Nias, Selasa (13/2/2108).

4 konsep itu sebutnya pertama anggarannya merupakan refleksi dari kebijakan pemerintah, kedua menjadi alat untuk menguji dan mengukur komitmen janji-janji politiknya, ketiga apakah anak menjadi salah satu issu prioritas dalam kebijakan pembangunan daerah dan keempat anggaran yang berpihak kepada anak merupakan strategi untuk mengintegrasikan isu anak ke dalam proses pengganggaran pada semua sector pembangunan.

Dikatakannya Keumala untuk mengetahui apakah issu anak menjadi prioritas sebuah pemerintahan akan terlihat dari alokasi anggarannya.

“ Caranya liat dari alokasi anggarannya untuk anak, seperti di Kota Gunungsitoli hanya sebesar 0,74 persen”, sebut Keumala.

Angka ini ungkapnya tidak jauh beda dengan angka di Kota Medan dan kota kabupaten lainnya di Sumatera Utara, maka itu PKPA melihat Dana Desa bisa menjadi peluang supaya angka ini bisa bertambah. Dan Kota Gunungsitoli akan menjadi Kota pertama yang akan memiliki buku panduan bagi pendamping desa.

“ Kita memutuskan tahun 2018 ini focus kepada pendamping desa dengan memanfaatkan program desa”, tambah Keumala lagi.

“ Setidaknya alokasi anggaran untuk anak itu 25 persen dari anggaran belanja sebuah daerah”.

Berdasarkan data dari Bappeda Kota Gunungsitoli dari total belanja daerah Kota Gunungsitoli tahun anggaran 2018 yang sebesar Rp.452.780.892.481, alokasi anggaran untuk anak hanya sebesar Rp.3.338.452.700 rupiah atau 0,74 persen, padahal dari 137.693 jumlah penduduk di Kota Gunungsitoli, 48 persen merupakan anak-anak. (IND)

 

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00