• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Taman Baca Kaki Lima Taman Ya'ahowu

12 February
13:06 2018
1 Votes (1)

KBRN, Gunungsitoli: Sebuah pemandangan berbeda terlihat di belakang panggung rumah adat di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli Minggu (11/2/2018). Sebuah kursi yang biasanya diduduki pengunjung taman, terlihat dipenuhi dengan puluhan judul buku, buku-buku ini menarik satu persatu warga datang melihat-lihat koleksi. Ada yang sekedar melihat, namun ada juga yang mengambil dan langsung mencari Posisi Weuunak untuk membaca buku tersebut. Inilah Taman Baca Kaki Lima Taman Ya'ahowu.

Menurut Pimpinan Kandang Buku Reni Cahaya Mutiasari sebagai penggagas ide taman baca ini sebenarnya sudah lama ingin direalisasikan namun tersendat karena belum mengantongi restu dari dinas terkait karena  di Areal Publik Taman Ya'ahowu yang kini menjadi tempat favorit warga Kota Gunungsitoli. Tujuannya sederhana untuk meningkatkan minat baca pada masyarakat, dengan menyediakan buku-buku secara gratis dan tempat yang nyaman seperti Taman Ya’ahowu, Reni yakin perlahan budaya literasi akan berkembang subur dan bukan tidak mungkin menjadi trend pada warga.

“ Puji Tuhan, akhirnya pemko mengizinkan kita menggelar Taman Baca Kaki Lima ini mudah-mudahan banyak yang berminat”, harap Reni.

Taman Baca Kaki Lima di Taman Ya’ahowu Gunungsitoli digelar setiap hari Sabtu dan minggu mulai pukul 15-18 wib persis dibelakang panggung. Para relawan yang bertugas pada Taman Baca ini mengenakan seragam pramuka dan umumnya tergabung dalam komunitas Pengembara.

Untuk permulaan kandang buku baru menyediakan sekitar 40 judul dimana 1 judul terdiri dari beberapa eksemplar  dan akan terus berkembang seiring dengan respon pengguna manfaat.

Kedepan tim juga akan menggelar kegiatan lain seperti Story Telling dan aneka permainan tradisional yang sekarang nyaris dilupakan dan tidak pernah dimainkan lagi akibat serbuan gadget. Selain itu Taman Baca ini juga direncanakan akan dibuka di ruang public di 4 Kabupaten lainnya, hanya tinggal menunggu kesiapan dari tim relawan. (IND)

 

         

 

          

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00