• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Dukungan Komisi II DPR RI Untuk Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias

9 February
14:27 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP-PKN)  dipimpin oleh Ketua Umum Mayjen TNI (Purn) Drs Christian Zebua, MM alias Ama Andani Zebua melakukan audiensi di ruang  Komisi II DPR RI Gedung Nusantara I Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Rabu (7/2/2018).

Turut serta dalam rombongan Sekretaris Umum BPP-PKN Firman Yanus Larosa (Sekda Kabupaten Nias),  Ketua Harian BPP-PKN Haogösökhi Hulu (Wakil Bupati Nias Utara),  Ketua BPP-PKN Perwakilan Jakarta Saroziduhu Zebua, Sekretaris BPP-PKN Perwakilan Jakarta Faan Maruhawa,  Tokoh masyarakat Nias, Firman Jaya Daeli (mantan anggota DPR-RI),- Tim Teknis dan Tim Khusus BPP-PKN, Bendahara BPP-PKN Perwakilan Jakarta Selsius Baeha dan  Tokoh-tokoh masyarakat Nias yang ada di Jabodetabek.

Mengawali pertemuan tersebut, Ketua BPP PKN memaparkan bahwa kepulauan Nias nyaris menjadi Provinsi pada tahun 2014 yang lalu, namun akibat adanya gugatan, keinginan itu terpaksa di tunda. Meski demikian perjuangan menjadi provinsi sebutnya tidak pernah surut bahkan hingga hari ini, kenapa karena Nias punya banyak alasan mulai dari kondisi geografis, kondisi ekonomi hingga kondisi social sebagai masyarakat yang terisolir//

Untuk itu Christian meminta perhatian dari anggota Komisi II.

“ Mohon Nias diperhatikan Pak, bukan elitenya, bukan bupatinya, bukan walikotanya, tapi rakyatnya”, pinta Christian.

Menjawab hal itu Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra  mengatakan turut menyesalkan Kepulauan Nias dan 21  DOB lainnya gagal disahkan sebagai provinsi pada September 2014 yang lalu, karna kini menjadi beban bagi komisi II untuk memperjuangkannya kembali, namun Ia menegaskan komisi II akan terus memperjuangkan DOB.

Lagipula dikatakannya di tahun 2018 yang merupakan tahun politik mudah-mudahan janji kampanye tentang mendukung pemekaran bisa direalisasikan.

“ Kami terus memperjuangkan, terus ga pake koma, karena kami sadari pentingnya pemekaran ini bagi kemajuan daerah”, jawab Ahmad Riza.

Komitmen yang sama juga disampaikan anggota Komisi II lainnya seperti Sirmadji dari PDI-P, MZ Amirul Tamim dari PPP, Libert Kristo Ibo dari Demokrat, Siti Sarwindah dari PAN, termasuk Suasana Dachi.

“ Apa yang disampaikan teman-teman di Komisi II jangan diragukan lagi, kalau mereka mendukung 100 persen terlebih lagi saya 1000 persen”, tegas Suasana.

Firman Jaya Daeli pada kesempatan itu memastikan pesan-pesan dari Wakil Ketua Komisi II akan dilaksanakan sembari memohon supaya jika ada ruang dialog dengan Presiden pada saat pertemuan dengan lembaga Negara, agar hal ini distressing lagi.

“Saya yakin Komisi II sekarang ini akan mengambil inisiatif kuat untuk memimpin itu”, pungkas Firman.

Pada hari yang sama audiensi ke Komisi II, BPP PKN dan rombongan juga diterima oleh Fraksi Gerindra DPR RI dan juga diterima secara khusus oleh Ketua DPR Bambang Soesetyo.(IND)


 

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00