• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Terang Bulan, Sejumlah Nelayan Gunungsitoli Enggan Melaut

2 February
14:31 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Nelayan tradisional di pesisir Desa Afia Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, selama dua hari terakhir tidak melaut akibat memasuki terang bulan sehingga berdampak menurunnya tangkapan ikan. 

Salah seorang warga pemilik kapal, Niat Harapan Zega menyampaikan anggota kapal setiap bulan terang selalu menganggur, meskipun saat ini cuaca membaik.

"Jika terang bulan tangkapan ikan sangat minim. Dan jika dipaksakan  tidak sebanding dengan biaya operasional," ujar Niat Harapan, (02/02/2018).

Dikatakan niat harapan, kejadian seperti ini tidak saja dialami nelayan Gunungsitoli, namun hampir seluruh nelayan se-Kepulauan Nias dipastikan tidak melakukan aktivitas melaut. Apabila, cuaca terang bulan itu dipastikan pendapatan menurun drastis dan merugi. 

"Setiap bulan para nelayan disini pasti menganggur selama satu minggu," kata Niat Harapan sekaligus Ketua kelompok nelayan Harapan Maju ini. 

Untuk memenuhi ekonomi keluarganya, lanjut Niat Harapan, kini para nelayan sebagian besar beralih profesi dan terpaksa menjadi buruh tani dan buruh bangunan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Meski demikian tidak sedikit juga para nelayan memperbaiki kapal maupun melengkapi peralatan pancing. 

"Kebanyakan para nelayan terpaksa bertani menyadap karet atau ada juga yang menjadi buruh bangunan," tambahnya. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00