• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Bersama Mencegah Stunting Dengan Kemandirian Keluarga

30 January
17:57 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Bersama Mencegah Stunting Dengan Kemandirian Keluarga menjadi tema Peringatan Hari Gizi Nasional ke 58 yang dilaksanakan UPTD Puskesmas Gunungsitoli Barat, Selasa (30/01/2018).

Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 80  ibu ibu dan 45 bayi dan balita dari 9 desa di kecamatan Gunungsitoli Barat.

“Generasi muda dan cerdas  harus dibentuk sejak 1000 hari kehidupannya”, ungkap Sosaidaman Zebua Skep Nurs Kepala UPTD Puskesmas Gunungsitoli Barat, terkait tema HGN 2018.

Oleh karena itu, stunting atau kondisi dimana seorang anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari standar usianya/kerdil, menjadi salah satu hal serius yang mesti dicegah. Asupan makanan yang tidak seimbang pada masa kehamilan disertai riwayat penyakit menjadi salah satu penyebabnya.

“Stunting bisa terjadi pada bayi dalam kandungan karena asupan makanan yang diterima tidak seimbang. Kejadian stunting yang berlangsung sejak masa kanak-kanak dapat menyebabkan gangguan Intelligence Quotient IQ atau kecerdasan. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh siapa pun. Generasi kita harus cerdas, maka harus diperhatikan asupan gizinya sejak 1000 hari kehidupannya,” kata Sosaidaman.

Stunting mencerminkan kekurangan gizi kronis selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak. Umumnya bagi seorang anak yang mengalami kurang gizi kronis, proporsi tubuh akan tampak normal, namun kenyataannya lebih pendek dari tinggi badan normal untuk anak-anak seusianya.

Tentunya melalui kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan pentingnya kebutuhan gizi yang mempengaruhi kecerdasan dan kesehatan.

“Pencegahan stunting yang diusung sebagai tema dalam Peringatan Hari Gizi Nasional ke-58 kali ini, di harapkan dapat menjadi perhatian khususnya bagi para ibu hamil agar selalu memperhatikan asupan gizi dan menghindari stress. Disamping itu, dukungan keluarga akan sangat berdampak pada tumbuh kembang bayi dan kesehatan ibu,”ujar Sosaidaman.(IDA)

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00