• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HUKUM

Polres Nias Gagalkan Penyelundupan Ribuan Liter BBM Bersubsidi

25 January
18:05 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Satuan Reskrim Polres Nias berhasil gagalkan aksi penyelundupan ribuan liter bahan bakar minyak jenis minyak tanah yang diselundupkan melalui pelabuhan laut Gunungsitoli. 

"Sekitar satu ton lebih minyak tanah bersubsidi telah kita amankan dari tangan tersangka," ujar Kasat Reskrim Polres Nias AKP Hendrik Temaluru, Kamis (25/01/2018).

Dikatakan, minyak bersubsidi tersebut hendak diselundupkan melalui pelabuhan laut Gunungsitoli dengan menggunakan satu unit mobil colt diesel yang bermuatan kelapa menuju pelabuhan laut Sibolga Tapanuli Tengah. 

"Pelaku membawa sejumlah kelapa. Ternyata hanya sebuah modus untuk meloloskan praktek penyelundupan minyak tanah yang akan dijual di Sibolga," ucapnya. 

Sementara, tersangka WG warga Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias mengaku tergiur karena setiap membawa satu jirigen minyak tanah mendapat keuntungan Rp. 50.000, belum lagi dari hasil penjualan di penampungan. 

Dari tangan tersangka, polisi menyita sebanyak 27 jirigen berkapasitas 60 liter per jirigen dengan total minyak tanah sebanyak 1,5 ton. Selain itu tersangka juga membawa 13 jirigen tuak suling ilegal karena saat ditanya petugas dokumen atas barang bawaannya, tersangka tidak bisa tunjukkan. 

"Untuk memuluskan aksinya, jirigen BBM dan tuak suling ditimpa dengan kelapa dan ditutupi terpal," tambah AKP Hendrik. 

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kini tersangka telah diamankan bersama sejumlah barang bukti dan tersangka dikenai Undangan-Undang Migas pasal 55 dan pasal 23 dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. (IJZ) 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00