• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

TINGKATKAN PENGAWASAN PARTISIPATIF, PANWASCAM GUNUNGSITOLI GELAR RAKOR DI HOTEL VERA GUNUNGSITOLI

23 December
15:32 2017
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Panitia Pengawas Kecamatan PANWASCAM Gunungsitoli gelar rapat koordinasi pengawasan Pemilu partisipatif dengan masyarakat dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, acara tersebut digelar di Aula Hotel Vera, Sabtu, (23/12/2017).

Ketua Komisioner Panwascam Gunungsitoli Martinus Gea mengatakan, rapat kordinasi ini dimaksudkan sebagai langkah preventif terhadap berbagai kemungkinan terjadinya pelanggaran pemilu, bahkan, membangun pemahaman yang menyeluruh bagi masyarakat terhadap proses pengawasan pemilihan kepala daerah serentak Tahun 2018 yang berkualitas dan berintegritas.

“Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan hak pilih dalam pelaksanaannya nanti,” ungkapnya.

Selain itu agar memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang teknis penyelenggaraan dan pengawasan tahapan beserta sub tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 mendatang.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga dapat mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018.

“Kami mengajak kepada masyarakat mari sama-sama mengawasi bersama,” ujarnya.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Donni Natalius Nazara A.md dalam materinya menegaskan bahwa dalam mengawasi penyelenggaraan pilkada ini juga masyarakat bisa berpartisipasi karena partisipasi Masyarakat (Pengawasan Partisipatif) ini memang juga diamanatkan dalam Undang-Undang Pemilu dan Pilkada.

Ikhtiar pengawas pemilu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu diantaranya yakni mendorong secara aktif peran Masyarakat untuk melakukan pengawasan pemilihan, menyediakan informasi, sarana atau fasilitas yg memadai untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi tentang pengawasan pemilu, menyiapkan sarana atau fasilitas yang mudah bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi, pengaduan dan/atau laporan pelanggaran pemilu.

Dalam acara tersebut, Martinus Gea sangat menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu dalam rangka pencegahan agar tidak terjadinya pelanggaran-pelanggaran dan potensi kerawanan dalam Pemilu nantinya. Sehingga senantiasa Tokoh-tokoh Masyarakat, tokoh pemuda, LSM bisa menyampaikan dan membantu pengawasan supaya pesta demokrasi ini menjadi berkualitas dan bermartabat dengan dikembalikanya kedaulatan Rakyat di tangan Rakyat sehingga menghasilkan pemimpin yang Qualified.

Dalam materinya, Ia juga menjelaskan tentang mekanisme dan tata cara pelaporan dugaan pelanggaran yang bisa dilakukan oleh masyarakat kepada pengawas pemilu baik dalam Pilkada ataupun Pemilu. (IDA)

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00