• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya Dan Pariwisata

Sekretaris Kemenko Maritim RI Buka Pelaksanaan Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias Tahun 2017 di Kota Gunungsitoli

26 November
12:03 2017
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemeritiman RI Agus Purwoto mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pesta Yaahowu kepulauan Nias tahun 2017.hal itu di sampaikan Agus Purwoto pada saat membuka secera resmi Pesta Yaahowu kepulauan Nias tahun 2017 yang di gelar di taman yaahowu kota Gunungsitoli, (kamis 23/2017)

Dikatakan Agus, pesta Yaahowu kepulauan Nias merupakan salah satu dari 100 Iven Nasional sesuai dengan keputusan menteri pariwisata untuk tahun 2018. oleh karena itu ,pelaksanaan pesta yaahowu kepulauan Nias dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata, sehingga  wisatawan lokal maupun mancananegara bisa berkunjung di kepulauan Nias.

“pesta Yaahowu kepulauan Nias ini salah satu dari 100 Iven Nasional sesuai dengan keputusan menteri pariwisata untuk tahun 2018. oleh karena itu pelaksanaan pesta yaahowu kepulauan Nias dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata “ Ujar Agus Purwoto

Pada kesempatan itu juga  Agus berharap kepada kepala daerah di Kepulauan Nias untuk terus bergandengan tangan dalam mengembangkan akses transportasi udara termasuk kesiapan sumber daya manusia di kepulauan Nias, sehingga masyarakat Nias harus siap menjadi tuan rumah yang baik demi kemajuan kepariwisataan.

Sementara itu Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zabua sebagai ketua Forum Kepala Daerah Kepulauan Nias menyampaikan jika kedatangan Presiden Jokowi di Kepualau Nias di tahun 2016 yang lalu menjadi motivasi buat pemerintah untuk memajukan pariwisata di Pulau Nias. karena presiden saat itu berpesan bahwa ada dua yang bisa diandalkan di Pulau Nias yaitu dari sektor Perikanan dan sektor Pariwisata.dan pemerintah di empat kabupaten dan Kota se-kepulauan Nias bersepakat untuk memajukan pariwisata melalui Iven pesta yaahowu.

Di jelaskan Lakhomizaro, Pesta Ya’ahowu ini bertujuan untuk melestarikan budaya Nias serta akan menjadi ajang promosi budaya di kanca nasional dan mancanegara.

Beberapa angenda kegiatan pesta ya’ahuwu yang digelar dari tanggal 23 sampai 26 November 2017 di Kota Gunungsitoli yaitu Pawai Budaya, Atraksi Seni dan Budaya, Lomba Dayung PerahuTradisional Nias, Festival Seni Pahat, Lomba Permainan Rakyat, Pameran Produk Unggulan dan Kuliner Nias serta Hiburan rakyar. (Bobby R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00