• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Puskesmas Hiliweto Upayakan Tingkatkan Kemitraan Bidan Dan Dukun

2 November
10:00 2017
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Guna meningkatkan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, Puskesmas Hiliweto Gido memfasilitasi pertemuan bidan dan dukun, tahun anggaran 2017.

Pertemuan Mitra Dukun dan Bidan Desa Puskesmas Hiliweto Gido, dengan tujuan menyamakan persepsi dalam tindakan pertolongan persalinan agar ibu dan bayi selamat dan sehat menuju masyarakat sejahtera dan bahagia.

Informasi tersebut disampaikan pihak Puskesmas Hiliweto Gido, hal ini merupakan program Puskesmas Hiliweto Gido untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi se Kecamatan Gido.

Kepala Puskesmas Hiliweto Gido Charisma Zai SST Mkes mengharapkan pemahaman yang tinggi dari ibu-ibu hamil untuk memiliki kesadaran agar memeriksakan kesehatannya secara berkala kepada petugas kesehatan, karena keberhasilan pembangunan kesehatan sangat tergantung pada peran serta masyarakat dan stake holder di kecamatan/desa.

"Perlu diketahui bahwa salah satu faktor yang sangat mempengaruhi terjadinya kematian ibu dan bayi tersebut adalah faktor pelayanan yang sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketrampilan tenaga sebagai penolong pertama pada persalinan,"ungkapnya.

Namun demikian, keberadaan dukun bayi sampai saat ini juga masih dibutuhkan oleh masyarakat, adakalanya dukun bayi juga memberikan pelayanan yang lebih seperti saat memandikan bayi, memijat ibu sampai masa nifas bahkan membuatkan jamu.

Oleh karena itu, ungkap Charisma Zai, harus ditemukan solusiuntuk dapat kerjasama dan saling menguntungkan antara bidan dan dukun bayi dengan harapan pertolongan persalinan dapat lebih terjamin, sehingga dengan demikian kematian ibu dan bayi diharapkan dapat diturunkan.(IDA)

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00