• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Wakil Bupati Nias Lantik Kader Tuberkulosis Tingkat Kabupaten Nias

23 October
10:23 2017
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu,SH,MH melantik kader TB (Tuberkulosis) untuk wilayah kabupaten Nias yang dilaksanakan di aula serbaguna kantor camat kecamatan Gido kabupaten Nias. Kader TB (Tuberkulosis) merupakan binaan dari yayasan Menara agung pengharapan (MAP) International yang akan bertugas menjadi relawan di setiap desa untuk mensosialisasikan permaslahan penyakit Tuberkulosis di wilayah kabupaten Nias.

Pimpinan MAP International kepulauan Nias Dameria Tarigan mengatakan, adapun pengurus yang dilantik berjumlah 881 orang yang meliputi 79 desa dan 4 kecamatan yakni kecamatan Hiliduho, kecamatan Hiliserangkai, kecamatan Gido, dan kecamatan Idanogawo.

Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu,SH,MH saat diwawancarai RRI menyampaikan bahwa, Pemkab Nias menyampaikan terimaksih kepada yayasan MAP international yang telah memfasilitasi dan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Nias dalam upaya percepatan penanganan dan pemberantasan penyakit khusunya Tuberkulosis.

Dijelaskan Wakil Bupati Nias, penyakit  Tuberkulosis merupakan penyebab kematian ke 3 terbanyak di Indonesia. Dan diperkirakan setiap tahun ada 539.000 kasus baru. Dari kasus tersebut 101.000 orang meninggal karena Tuberkulosis.

“ penyakit  Tuberkulosis merupakan penyebab kematian ke 3 terbanyak di Indonesia. untuk di kabupaten Nias dugaan kasus penyakit Tuberkulosis sudah mencapai 169 orang “ Ujar Wakil Bupati Nias (Senin/23/10/2017)

Untuk itu wakil Bupati Nias berharap kepada seluruh kader TB (Tuberkulosis) yang sudah dilantik, agar dapat mengatasi permasalahan kasus Tuberkulosis di setiap desa dengan memberikan penyuluhan tentang TB dan penanggulangannya di masyarakat. Termasuk menemukan penderita dimasyarakat serta membimbing dan memberikan dorongan untuk meminum obat anti Tuberkulosis, sehingga diharapakan kasus penyakit Tuberkulosis dikabupaten Nias bisa menurun, demi terwujudnya masyarakat kabupaten Nias yang sehat, mandiri, dan berdaya saing. (Bobby R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00