• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

YSKI Gelar Sosialisasi Kanker Di MIS Muhammadiyah Fowa

29 September
15:27 2017
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Guna menunjang Indonesia sehat, Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YKSI) gelar Sosialisasi Kanker di Madratsah Ibtidaiyah Swasta Muhammadiyah Fowa. Kegiatan sosialisasi ini melibatkan seluruh guru dan staf pegawai di lingkungan MIS Muhammadiyah Fowa.

Sosialisasi ini diselenggarakan guna pencegahan awal, agar tidak semakin banyak yang menderita Kanker. Dalam materinya, YSKI yang di Koordinir oleh Ibu Ridha menyampaikan bahwa kanker dapat timbul karena beberapa faktor.

"Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker bisa timbul pada manusia yakni faktor genetik (bawaan), faktor fisika dan faktor kimia," jelas Ridha.

Lebih lanjut  Ridha memaparkan dengan rinci mengenai tiga jenis kanker berbahaya yang banyak diderita masyarakat, diantaranya kanker rahim (serviks), kanker payudara dan kanker prostat. Kanker dapat dideteksi secara dini, dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, papsemear bagi wanita yang telah menikah, dan mamografi untuk mendeteksi gejala penyakit kanker payudara baik itu untuk laki - laki maupun perempuan.

"Untuk melakukan pencegahan kanker  ini dapat kita lakukan dengan cara hidup sehat, melakukan imonetherapi (suntik imunisasi) dan mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan yang banyak mengandung zat pembunuh kanker antara lain Temu Putih, dan Buah Sirsak," tambahnya.

Di akhir acara, Kepala Mis Muhammadiyah Fowa melalui salah seorang tenaga pengajar di sekolah itu Teti Tanjung mengatakan bahwa, semoga Sosialisasi ini memberi pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi para guru dan pegawai di MIS Muhammadiyah Fowa agar dapat diterapkan di kehidupan sehari - hari guna mencegah timbulnya penderita kanker.

"Dengan diadakannya kegiatan Sosialisasi Kanker oleh YSKI diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kepada kita, sehingga dapat menerapkan gaya hidup sehat dan terhindar dari penyakit mematikan ini," harap Teti. (IDA)

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00