• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

International

33 Warga Negara Srilanka Terdampar, Pemkab Nias Utara Berikan Bantuan

10 August
09:22 2017
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Sebanyak 33 orang warga negara Srilanka ditemukan terdampar di wilayah perairan Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara Provinsi Sumatera Utara.

Kabag Humas dan Keprotokolan Kabupaten Nias Utara, Yuniaro Zega, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara melalui Dinas Sosial, BPBD, Kepolisian Sektor Lahewa, dan Koramil 05 Lahewa langsung memberikan bantuan serta menampung ke-33 orang warga negara asing tersebut di Aula Pertemuan Kantor Kelurahan Pasar Lahewa, Rabu (9/8/2017).

Menurut penjelasan dari Kapolsek Lahewa bahwa informasi awal ditemukannya kapal terdampar tersebut adalah berdasarkan informasi daripada para nelayan setempat sekitar pada pukul 09.00 Wib pagi tanggal 9 Agustus 2017.

Kemudian oleh pihak Kepolisian Sektor Lahewa melakukan pengecekan dan mendapati sebuah kapal yang terdampar yang memuat 32 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yang seluruhnya berkewarganegaraan Srilanka.

Setelah dimintai keterangan dari salah salah seorang warga negara Srilanka tersebut bahwa mereka berangkat dari negaranya pada tanggal 3 Juli 2017,  yang rencananya mereka hendak menuju New Zealand untuk mencari suaka perlindungan akibat dari perang saudara yang sedang terjadi di negara mereka.

Namun ditengah perjalanan pada tanggal 6 Agustus kapal yang mereka tumpangi mengalami kerusakan pada bagian mesin, sehingga kapal tersebut terombang-ambing terbawa arus dan akhirnya terdampar diwilayah perairan Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara.

Lebih lanjut Kapolsek Lahewa menjelaskan bahwa ke-33 orang warga negara asing tersebut untuk sementara akan diamankan sambil menunggu kepastian dari pihak keimigrasian. (MH/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00