• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Kemenag Nias Gelar Diskusi Lintas Agama Mencegah Isu Sara Melalui Media Sosial

6 March
13:19 2017
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Kemenag Nias melalui Sub Bagian Tata Usaha menyelenggarakan Diskusi Lintas Umat Mencegah Isu Sara Melalui Media Sosial/Informasi Transaksi Elektronik Tahun 2017.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Nias Palace itu menghadirkan Narasumber dari Kominfo dan Polres Nias, dengan mengundang peserta para tokoh dari masing masing agama, ASN lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias, dan organisasi keagamaan.

Kepala kantor kementerian agama kabupaten Nias H.Mustapid,MA mengatakan, kegiatan ini terlaksana sebagai tindakan pencegahan dan pemberian pengetahunan IT dari pemerintah agar tidak terjadi gesekan dalam masyarakat Nias, baik dalam internal agama itu sendiri maupun dengan antar umat beragama.

“ kegiatan ini sebagai tindakan pencegahan dan pemberian pengetahunan IT dari pemerintah agar tidak terjadi gesekan dalam masyarakat Nias, baik dalam internal agama itu sendiri maupun dengan antar umat beragama, sehingga kerukunan hidup beragama dapat tetap dijaga yang juga merupakan komitmen Kementerian Agama “ Kata Mustapid (Senin/6/3/2017).

Menurut Mustapid saat ini Media Sosial telah menjadi sarana yang cukup ampuh untuk menyebarkan berita, baik berita yang benar maupun berita yang tidak benar atau HOAX. Tapi seringkali para penggunanya tidak bijak ataupun sengaja menulis dan membagikan berita yang tidak benar sehingga mengandung provokasi untuk tujuan tertentu.

Lebih lanjut Mustapid mengatakan melalui acara ini para peserta yang rata-rata adalah tokoh umat beragama bisa menjadi penyejuk sehingga umat tidak gampang terprovokasi dan mengajak umatnya untuk menggunakan IT dan media sosial untuk hal-hal yang baik.

“ peran tokoh agama diharapkan dapat menjadi penyejuk bagi masyarakat untuk lebih hati hati dalam menyebar atau menulis informasi agar jangan suatu saat dapat menjadi blunder yang bisa terancam hukuman pidana mengingat telah berlakunya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) “ Ujar Mustapid. (Bobby R).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00