• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kelompok Tani Kelapa Di Ende Dapat Bantuan Mesin Parut Kelapa Plus

11 February
18:37 2019
0 Votes (0)

KBRN Ende: Kementerian Desa RI salurkan bantuan mesin parut kelapa plus peras untuk  kelompok tani pembuat minyak kelapa di Kabupaten Ende pada tahun 2018.

Bantuan yang disalurkan Kemendes pada tahun 2018 itu sudah tiba di kabupaten Ende sebanyak 38 unit di  kantor PMD Ende bulan Januari 2019.

Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,Jhohanis Nislaka, kepada RRI Senin,11/02/2019, menyampaikan hal itu di ruang kerjanya.

Dijelaskan bantuan mesin parut kelapa itu, merupakan tindak lanjut dari kegiatan Oxfam bersama dinas PMD Kabupaten Ende,yang melakukan survei terkait dengan potensi petani kelapa di Kabupaten Ende.

Setelah itu pada tahun 2018 Oxfam,bersama dinas Pertanian dan PMD meninjau langsung proses pembuatan minyak kelapa yang dilakukan masyarakat di lima kecamatan, di Kabupaten Ende.

Pihaknya menyebutkan proses pembuatannya ditemukan kendala,karena sistem pengelolaan masih bersifat manual, sehingga produksinya belum memenuhi pangsa pasar.

Atas dasar itu Oxfam,merekomendasikan kepada Kementerian Desa,agar bisa menyediakan mesin parut kelapa plus mesin peras.

Sementara peran,Dinas Pertanian membentuk kelompok ,  dinas PMD membuat proposal,untuk diajukan ke Kemendes RI.

"Pada awal mulanya diusulkan 80 unit mesin parut plus peras kelapa, namun di jawab 38 unit, dan semuanya di saluran kepada kelompok yang desanya banyak kelapa,dan mempunyai Badan Usaha Milik Desa(BUMDES)." Ungkap Jhohanis Neslaka.

Terhadap bantuan untuk kelompok petani Kelapa  ini, Anggota DPRD Ende Alexander Sidi,S.Sos,kepada RRI mengatakan, bantuan yang disalurkan Kemendes sangat positif dalam mendukung pengembangan usaha kecil menengah (UMK) di desa yang ada di Kabupaten Ende.

Bantuan  mesin parut kelapa plus, itu setidaknya bisa mempercepat proses pembuatan minyak kelapa di kelompok- kelompok tani kelapa yang ada di Kabupaten Ende.

"Dengan bantuan seperti itu, tentu sangat baik untuk masyarakat di kabupaten Ende, karena kabupaten Ende juga terkenal dengan komoditi unggulannya juga adalah kelapa, selama ini masyarakat hanya produksi minyak kelapa, masih berskala kecil atau untuk konsumsi rumah tangga,belum bisa memenuhi kebutuhan ekspor keluar daerah"tegas Anggota DPRD Ende Alexander Sidi,
Melalui bantuan mesin parut kelapa plus dari Kemendes, Alexander Sidi, berkeyakinan masyarakat bisa memproduksi minyak kelapa murni atau VCO serta yang bisa di jual ke luar daerah,dengan begitu bisa meningkatkan pendapatan petani kelapa di kabupaten Ende (WS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00