• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ambil Alih Program Taspen dan ASABRI, BPJamsostek Tunggu Putusan MK

25 February
15:32 2020
1 Votes (5)

KBRN, Sanur : Empat program milik PT. Taspen (Persero), dan PT. ASABRI (Persero) akan diambil alih Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek). Keempat program itu meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Hari Tua.

 

Langkah tersebut merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS. Regulasi itu mengatur soal transformasi perusahaan-perusahaan jaminan sosial ke BPJS.

 

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengaku, pihaknya masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Karena memang, saat ini empat purnawirawan tengah melayangkan gugatan ke MK. Poin yang digugat adalah Pasal 65 ayat 1 Undang-Undang BPJS.

 

"Sekarang kan lagi dibicarakan di MK. Ya kita sebagai pelaksana ya pasti siap. Tetapi kita menunggu regulasi dari pemerintah. Skemanya nanti disampaikan oleh pemerintah," katanya kepada wartawan disela-sela Sosialisasi PP Nomor 82 Tahun 2019 dan Paritrana Award, di Sanur, Selasa (25/2/2020).

 

Agus Susanto menyebut, pemerintah saat ini tengah menyiapkan regulasi pengambilalihan empat program tersebut. Secara operasional, pihaknya dikatakan siap menjalankan amanat tersebut.

 

"Oh sangat siap. Kita siap, baik dari infrastruktur, sumber daya manusia, proses, kita sangat siap. Kita siap menerima amanah baru dari Undang-Undang. Ini kan amanah Undang-Undang," tegasnya.

 

Ia pun memastikan, langkah ini tidak akan mengurangi manfaat peserta. Peserta justru dikatakan mendapatkan manfaat lebih dari pengambilalihan keempat program PT. Taspen (Persero) dan PT. ASABRI (Persero) oleh BPJamsostek.

 

"Tidak akan berkurang. Kalau manfaat dipastikan tidak akan berkurang," pungkas Agus Susanto.

 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00