• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Coret Cabor Tak Potensial di PON, KONI Bali Menuai Protes

13 February
14:57 2020

KBRN, Denpasar: Aksi nekat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali yang berencana mencoret cabang olahraga tidak potensial bertanding di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua, menuai protes dari kabupaten bumi seni Gianyar.

Ketua Umum KONI Gianyar Pande Made Purwata dihubungi RRI Kamis, (13/2/2020) menyatakan menolak kebijakan tersebut, karena hal itu justru mematikan semangat dan spirit atlet untuk mengharumkan nama Bali di arena PON.

“Tidak bisa kita berpikir di keolahragaan itu seperti berdagang untung rugi, karena di keolahragaan itu adalah bagian dari peningkatan prestasi, baik atlet binaan maupun atlet potensial. Kalau pola kita hitung-hitungan, ini akan dapat emas, ini yang tidak berprestasi tidak usah dikirim, maka akan mati pembinaan keolahragaan kalau diseperti itukan”, ujarnya.

Mantan anggota legislatif Gianyar itu mengakui mengirim atlet menuju Papua perlu biaya banyak, namun hal tersebut bukan alasan untuk mematikan proses atlet mencari pengalaman di arena PON.

“Memang secara hitung-hitungan matematis itu terbentur masalah anggaran yang tidak mencukupi. Tetapi tidak ada salahnya kita memberikan kesempatan kepada cabang yang tidak berprestasi untuk tampil, karena dalam keolahragaan juga ditentukan faktor lucky atau keberuntungan mereka saat bertanding”, tegasnya.

Ketum KONI Gianyar itu menambahkan dengan tanpa maksud melangkahi wewenang KONI Bali mengirim atlet menuju PON, bila nantinya ada atlet Gianyar yang sudah mengantongi tiket PON, tetapi dicoret untuk dikirim, sebagai kabupaten yang kini konsen membina dan memasyarakatkan olahraga, Gianyar siap memberikan suntikan dana untuk mensubsidi keberangkatan atlet bumi seni Gianyar berlaga di bumi cendrawasih.

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00