• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Krama Bali

Jelang Imlek, Ratusan Umat "Ngayah" di Vihara Dharmayana Kuta

18 January
13:26 2020
0 Votes (0)

KBRN, Kuta : Ratusan umat melaksanakan ngayah atau gotong-royong di Vihara Dharmayana, Kuta. Budaya turun temurun ini dilakukan bertepatan dengan tanggal 24 bulan 12 lunar pada kalender Imlek.

 

Kelian Banjar Dharma Semadi Kuta, Adi Dharmaja Kusuma menjelaskan, sebelum melakukan aksi bersih-bersih, umat terlebih dahulu menunaikan persembahyangan. Persembahyangan bersama itu bertujuan untuk menghantarkan para dewa-dewi ke kahyangan.

 

"Sekaligus setelah tadi sudah menghantarkan para dewa-dewi ke kahyangan, berarti kan tempat ini boleh dibersihkan. Makanya kita mulai membersihkan rupang, arca-arca, arya bhakti sala, arya dharma sala, semua lingkungan, baru kita bersihkan," jelasnya kepada wartawan di Vihara Dharmayana, Sabtu (18/1/2020).

 

Ia memastikan, budaya ngayah ini rutin diadakan sepekan sebelum perayaan Imlek. Selain warga, aksi bersih-bersih ini juga dihadiri para rohaniawan.

 

"Rutin setiap tahun. Satu minggu menjelang imlek, pasti itu. Biasanya kan cari hari Minggu, hari libur. Nah pas besok karena kita ada melaspas Dharma Sala baru ini, makanya sekarang dimajukan," papar Adi yang juga Penanggung Jawab Vihara Dharmayana.

 

Tidak hanya ngayah, warga Banjar Dharma Semadi Kuta disebut Adi memiliki sejumlah kegiatan serangkaian Tahun Baru Imlek. Salah satu yang wajib dan paling ditunggu masyarakat sekitar adalah pawai barongsai dan liong. Pawai tersebut rencananya akan dilaksanakan sehari sebelum Imlek, yaitu pada tanggal 24 Januari 2020.

 

"Nanti rangkaian dari Tahun Baru Imlek, diawali pada hari ini, selanjutnya pada tangga 24 Januari 2020, setelah bersama-sama melaksanakan persembahyangan di rumah, sembahynag tutup tahun, untuk di Vihara Dharmayana, Kuta diilaksanakan persembahyangan tolak bala yang diiringi oleh barongsai dan liong naga. Yang mana rutenya seperti tahun-tahun lalu yaitu Jalan Blambangan, menuju perempatan Jalan Kalianget, kita di SD 1 Kuta juga ada persembahyangan secara tradisi budaya Tionghoa, lanjut ke Pura Desa, lanjut ke Jalan Raya didepan perempatan Banjar Macun, kembali lagi kesini," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00