• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Ayo Maknai Hari Saraswati dengan Bijak

7 December
12:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar: Hari raya Saraswati diperingati setiap enam bulan sekali, tepatnya pada hari Saniscara Umanis wuku Watugunung.

Hari raya Saraswati ini merupakan hari yang penting bagi umat hindu, khususnya bagi siswa sekolah dan penggelut dunia pendidikan karena Umat Hindu mempercayai hari Saraswati adalah turunnya ilmu pengetahuan yang suci kepada umat manusia untuk kemakmuran, kemajuan, perdamaian, dan meningkatkan keberadaban umat manusia.  

Dari pantauan RRI, pada perayaan Hari Raya Saraswati hari ini Sabtu, (7/12/2019) para siswa sekolah sibuk melaksanakan persembahyangan bersama di sekolah masing-masing,dilanjutkan dengan sembahyang ke pura-pura lain salah satunya Pura Agung Jagatnatha Denpasar yang hingga kini maish menjadi favorit dikunjungi para siswa.

Ketua Forum Tenaga Penyuluh Lapangan Agama Hindu Kota Denpasar Cokorda Putra Wisnu Wardana ditemui RRI seusai ritual Puja Saraswati di Pura Agung Jagatnatha Denpasar mengatakan, turunnya ilmu pengetahun di Hari Saraswati harus digunakan dengan bijak di jalan dharma atau kebaikan.

“Dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dicerminkan revolusi industry 4.0 tentulah ilmu pengetahuan itu memiliki fungsi strategis bagi kemajuan umat manusia. Oleh karenanya Saraswati perlu kita maknai sebagai sebuah momentum penydaran diri bahwa ilmu pengetahuan itu sangat berkontribusi terhadap kesejahteraan manusia”, ujarnya.

Cokorda Wisnu Wardana mengatakan, di lapangan saat ini banyak dijumpai ilmu pengetahuan dan kepandaian yang disalahgunakan. Salah satunya aksi terorisme yang dilakukan oknum radikal merupakan bukti bahwa pengetahuan yang ia miliki tidak digunakan dengan bijak dan benar.

“ Ilmu pengetahun itu bersisi dua. Mereka-mereka yang melakukan aksi teror bukan orang tidak berilmu, tetapi mereka justru salah menggunakan ilmunya itu untuk menghancurkan kehidupan manusia”, jelasnya.

Ketua Forum Tenaga Penyuluh Lapangan Agama Hindu Kota Denpasar Cokorda Putra Wisnu Wardana berharap ke depan ilmu pengetahuan tersebut dapat dijadikan sarana untuk mencapai tujuan akhir umat Hindu Moksartham Jagadhita ya Caiti dharma yakni menyatu dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Ritual Puja Saraswati di Pura Agung Jagatnatha  Denpasar dipuput Sulinggih Ida Pedanda Gde Ngurah Telaga dari Gria Telaga Tegal Denpasar, dihadiri Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara dan seluruh OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

 

 

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00