• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

HUT Ke-45 SMP Nasional, Perdiknas Ingatkan Soal Disrupsi Teknologi Era Industri 4.0

6 December
01:08 2019
1 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nasional Denpasar merayakan hari jadinya yang ke-45, Kamis (5/12/2019). Berbagai kegiatan dan perlombaan diselenggarakan serangkaian HUT salah satu unit dari Perkumpulan Pendidikan Nasional (Perdiknas) itu. 

Ketua Perdiknas Denpasar, Dr. Anak Agung Ngurah Eddy Supriyadinata dalam sambutan HUT ke-45 SMP Nasional Denpasar menyampaikan sejumlah pesan. Salah satunya soal antisipasi menghadapi disrupsi teknologi pada era industri 4.0. Ia menyebut, era industri 4.0 telah mempercepat perubahan dalam setiap aspek kehidupan. 

"Disrupsi teknologi pada era industri 4.0 bukan saja mengubah cara kerja, tetapi juga mengubah hubungan kerja, yang menuntut orang untuk menjadi lebih produktif, transparan dan bertanggung jawab pada apa yang dilakukan," ucap Eddy Supriyadinata dalam sambutannya. 

Menyikapi itu, Eddy Supriyadinata meminta SMP Nasional Denpasar mampu menerima perubahan tersebut. Perubahan itu dikatakan sebagai tantangan baru bagi seluruh satuan pendidikan di Tanah Air, tanpa terkecuali SMP Nasional Denpasar. 

"SMP Nasional harus mampu menerima perubahan tersebut sebagai sebuah tantangan baru untuk menciptakan kondisi belajar yang tidak hanya membuat siswanya bahagia dalam belajar tetapi juga dapat mendukung kesuksesan siswa," ucapnya. 

Eddy lebih lanjut mengatakan, kesuksesan siswa dipengaruhi empat elemen. Empat elemen itu meliputi soft skill, networking, hard skill, dan finansial. Faktor hard skill diakui tidak memberikan kontribusi signifikan terhadap kesuksesan siswa. 

"Persentase terbesar yang memberi kontribusi terhadap kesuksesan siswa berturut turut adalah Soft Skill (40%), Networking (30%), Keahlian bidang atau Hard skill (20%) serta Finansial (10%). Oleh karena itu, praktik mengajar biasa yang hanya berfokus pada hard skill harus segera diubah," ujarnya dalam perayaan HUT ke-45 SMP Nasional yang mengusung tema "Melalui HUT SMP Nasional Denpasar Kita Tingkatkan Semangat SDM Menuju Generasi Milenial yang Berkarakter dan Berbudaya". 

"Siswa kita jangan diminta untuk menghafal konsep, jangan hanya diminta untuk mengerjakan LKS terus, ajaklah mereka untuk lebih mengenal bakat dan potensi yang ada dalam diri mereka, sehingga mereka bisa berkreativitas sebebas-bebasnya," lanjut Eddy Supriyadinata disambut tepuk tangan seluruh undangan. 

Eddy Supriyadinata menambahkan, perlu adanya refleksi pada perayaan HUT ke-45 SMP Nasional. Refleksi itu ditekankan pada pengelolaan pendidikan yang memperhatikan profesionalisme dan kreativitas lembaga penyelenggara pendidikan, membebaskan sekolah dari suasana bisnis, memperbaiki rancangan rencana pengajaran dengan berfokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis serta merevitalisasi pembelajaran agama di sekolah. 

"Mengutip pesan yang pernah disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Meski demikian saya yakin jika kita semua bertekad kuat dan melaksanakannya dengan hati yang ikhlas dan teguh, semuanya bisa menjadi mungkin," pungkas Ketua Perdiknas Denpasar, Dr. Anak Agung Ngurah Eddy Supriyadinata. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00