• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemerintah Pusat Kucurkan Rp.12.24 Triliun untuk Bali

19 November
15:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar: Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (Kakanwil DJPb) Propinsi Bali Tri Budhianto menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali Selasa, (19/11/2019).

Gubernur menyerahkan DIPA secara simbolis kepada 5 satuan kerja vertical yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan 14 satuan kerja vertical prioritas. Selain itu gubernur juga menyerahkan Daftar  Alokasi Dana Transfer ke daerah dan dana desa kepada Sembilan bupati/walikota.

Dalam sambutannya gubernur menyampaikan amanat presiden agar TKDD digunakan dengan efektif dan akuntabel untuk peningkatan pembangunan serta pemerataan. Selai itu pekerjaan yang didanai dari APBN digunakan sebagai trigger pertumbuhan ekonomi daerah dan bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.

“Bali mendapatkan alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa senilai Rp. 12,24 Triliun rupiah dari Pemerintah Pusat. Dana yang Rp.11,8 triliun merupakan dana transfer ke daerah, sedangkan Rp. 658 milyar adalah bantuan dana desa,” jelasnya.

Gubernur Wayan Koster juga mengingatkan OPD dan kepala daerah agar sesegera mungkin menyampaikan DPA kepada satuan kerja perangkat daerah di wilayah masing-masing. Sejalan dengan arahan gubernur Bali Kakanwil DJPb Bali mengharapkan para Kuasa Penguna Anggaran segera mengambil langkah strategis setelah menerima DIPA. Beberapa langkah itu diantaranya meneliti kembali DIPA yang diterima, menetapkan pejabat pengelola keuangan, serta menyelesaikan blokir anggaran.

Untuk diketahui Bali mendapatkan alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa senilai Rp. 12,24 Triliun rupiah dari Pemerintah Pusat. Dari jumlah tersebut Rp.11,8 triliun merupakan dana transfer ke daerah, sedangkan 658 milyar adalah bantuan dana desa dari Pemerintah Pusat.

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00