• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Bupati Giri Prasta Ajak Implementasikan Konsep Tri HIta Karana Untuk Membangun Badung

16 November
22:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar: Tari Saraswati mengawali rangkaian acara penutupan Festival Seni dan Budaya Kabupaten Badung ke-13 di Panggung Terbuka Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung Sabtu (16/11/2019). Kegiatan festival seni budaya yang berlangsung selama sepekan tersebut juga dirangkaikan dengan HUT Mangupura ke 10 tahun 2019.

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya meminta semua jajarannya di Pemkab Badung bersama masyarakat Badung bersama-sama mengimplementasikan filosofi Tri Hita Karana untuk membangun Badung. DIkatakan, Sangat penting untuk menjaga hubungan antara manusia dengan Tuhan, Manusia dengan Manusia dan manusia dengan lingkungan sehingga tercipta keharmonisan.

“ Konsep peradaban ini harus kita lakukan kenapa, dihindu kita, dihindu puniki kepercayaan  kenapa tiyang uningayang Padumuka nike konsep alam sekale lan niskala,” ucapnya.

Bupati Giri Prasta juga minta kepada Listibya agar disetiap kecamatan menghidupkan semua sanggar-sanggar dengan berbagai program-program.  Dikatakan, promosi pariwisata dengan menggunakan duta-duta kesenian keluar negeri sangat penting karena promosi pariwisata memerlukan sentuhan langsung kepada Negara-negara asing.

Giri Prasta juga meminta Dinas kebudayaan tetap ikut mengelola Taman Gumi Banten bersama OPD terkait lainnya. Ia berharap dengan adanya Taman Gumi Banten ini Badung kedepannya bisa mandiri secara ekonomi karena semua keperluan masyarakat Badung ada di Taman Gumi Banten.

Hal senada disampaikan Kadis Kebudayaan Kabupaten Badung, IB Anom Basma kepada RRI disela-sela acara mengatakan tahun 2020 masyarakat Badung sudah bisa memetik hasil dari Taman Gumi Banten dengan harga terjangkau. Dikatakan, ditaman seluas 15 hektar yang terletak di Kecamatan Petang tersebut tersedia bermacam-macam Tanaman yang berhubungan dengan upakara. 

“ Kalau orang perlu sarana upakara bisa datang kesana, sehingga kita tidak ketergantungan lagi dengan daerah lain. Jadi sudah mulai digarap tahun lalu dan diharapkan tahun 2020 sudah bisa berproduksi,”ucapnya.

IB Anom Basma menjelaskan , Taman Gumi Banten dikelola DInas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Badung bekerjasama dengan instansi lain , seperti dari disbud misalnya memberikan jenis-jenis tanaman upakara yang diperlukan. Dalam acara penutupan festival yang dirangkai dengan ramah tamah HUT Mangupurake -10 juga diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Giri Prasta ,didampingi Wakil Bupati, Ketua DPRD Badung dan Sekda Pemkab Badung.

Diakhir acara dilakukan penyerahan hadiah lomba kepada para pemenang serangkaian festival seni budaya Kabupaten Badung ke-13 tahun 2019 yang mengangkat tema Budaya Guna Prawerti Amerih Kerta Sukertaning Bumi.

  • Tentang Penulis

    Ni Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Ni Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00