• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi & Pariwisata

"The Chef" Suguhkan Ratusan Rahasia Resep Nusantara

9 November
22:53 2019
2 Votes (5)

KBRN, Seminyak : Bali, menjadi daerah kedua event Pre Launching "The Chef" apps setelah Surabaya. Opsi ini tentu karena Pulau Dewata sebagai destinasi pariwisata internasional, yang memiliki banyak potensi industri food and beverage (F&B). 

Managing Director Sentra Poin Katering Indonesia, Widhijanto Heru Kusumo menjelaskan, The Chef merupakan mobile application yang dikembangkan perkumpulan koki profesional dan pengusaha. The Chef mulai bisa diunduh di App Store (iOS), dan PlayStore (android) bertepatan dengan grand launching, Selasa 12 November 2019.

Guna menggaet minat generasi milenial, pihaknya telah menunjuk tiga chef muda Tanah Air sebagai ambasador, yaitu Chef Wildan Avessina, Chef Widhijanto, dan Chef Dinda. 

"The Chef merupakan aplikasi pertama di dunia yang berbasis komunitas profesi yang berhubungan dengan dunia kuliner, food industry, data profil, sertifikasi, dan segala sesuatu yang mendukung generasi milenial untuk mengapresiasi karya ide yang ada," jelasnya kepada wartawan di Nineteen Lounge Bali, Seminyak, Sabtu (9/11/2019). 

"Generasi milenial juga bisa mengembangkan ide kreatif dan membagikan karya kreatifnya melalui fitur didalam aplikasi, seperti fitur Chef Channel, dan juga fitur marketplace untuk para chef preneur," lanjut Chef Widhi. 

Chef Widhi lebih lanjut menjelaskan, The Chef ini juga menampilkan ratusan resep makanan nusantara. Tujuannya agar masyarakat, khususnya generasi Y (kaum milenial) tidak melupakan kekayaan kuliner khas atau asli Indonesia. 

"Kalau kita sudah siapkan ini sekarang ada 200an resep yang tradisional. Indonesian Food memang sengaja kita boosting dulu. Rencananya Indonesia Food seperti jajanan, dan semua makanan asli Indonesia yang memang kita utamakan terlebih dahulu. Setelah itu baru menyusul untuk menu lain semisal Western Food," ujarnya. 

Ia berharap, aplikasi The Chef ini dapat memenuhi keperluan masyarakat termasuk industri kuliner dalam negeri. Chef Widhi mematok setidaknya 50% dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia mengunduh aplikasi The Chef. 

"Untuk awal peluncuran kita targetkan pengunduh The Chef diangka 20.000 orang. Itu berdasarkan sosial media sosial khusus kuliner yang anggota ataupun pengikutnya sekitar 120.000an orang. Kemudian kedepannya dalam waktu sekitar 3 bulanan bisa bertambah paling tidak 60 persen dari 120.000 itu," bebernya.

"Untuk terus meningkatkan pengunduh, kita akan boosting aplikasi The Chef ini dengan beberapa event seperti kompetisi, kemudian kampanye dari produk tertentu, itu akan kita lakukan. Kita yakin itu akan menambah pengguna aplikasi ini," sambung Chef Widhijanto. 

Presiden Indonesian Chef Association (ICA), Chef Henry Alexie Bloem pada kesempatan yang sama menyambut baik inisiasi peluncuran aplikasi The Chef. Aplikasi ini dinilai mampu mengakomodir kebutuhan industri kuliner Indonesia. 

"Dengan aplikasi The Chef ini, yang saya lihat dan pelajari, memang lengkap sekali. Dan dari informasi, aplikasi ini pertama di dunia yang mengambil topik chef, tetapi lebih lengkap. Karena banyak yang bisa diselipkan disana, tidak melulu hanya tentang dunia chef saja, tetapi ada yang berhubungan dengan semua industri makanan dan minuman, pelatihan, sertifikasi, kesehatan dan kebersinambungan," katanya.

"Jadi intinya seperti one stop shopping lah. Karena begitu klik, atau mengunduh ini, semua informasi bisa didapatkan, semua pengetahuan bisa didapatkan disana, tentang resep, tentang kesehatan, dan segala macam. Jadi saya di asosiasi sangat mendukung sekali. Akan banyak sekali membantu teman-teman kita (chef), orang umum juga, pengusaha, UMKM, stakeholder, vendor untuk mempromosikan produk mereka," tandas Chef Henry. 



tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00