• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Lomba Bapang Barong Se- Bali di Festival Seni Budaya Kabupaten Badung

9 November
18:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Badung: Festival seni dan budaya Kabupaten Badung ke-13 diisi dengan lomba Bapang Barong se-Bali di Panggung Terbuka Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Sabtu (9/11/2019). Kabid Kesenian Disbud Badung Ni Kadek Sandra disela-sela acara menjelaskan, barong merupakan sebuah tarian tradisional Bali dalam wujud topeng dan kostum badan yang dapat dikenakan oleh satu atau dua orang.

Dikatakan, barong terdiri dari banyak jenis diantaranya barong landung, barong bangkung, barong ket dan sebagainya. " Barong ket merupakan salah satu jenis barong di Bali dan telah diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh Unesco," ujarnya.

Menurutnya meskipun mendapat pengakuan dunia kesenian barong di Badung tetap dikembangkan dan dilestarikan secara berkesinambungan terutama oleh generasi muda.

Kadek Sandra mengatakan, peserta terbuka untuk umum se-Bali dengan usia peserta maksimal 30 tahun. Dipilihnya generasi muda dimaksudkan untuk menggali potensi genarasi muda di Badung unuk melestarikans eni budaya di Badung.

Dikatakan, hasil lomba pada festival ini akan mewakili Badung pada ajang Pesta Kesenian Bali yang digelar Pemprop Bali. Dengan berkesenian menurut Kadek Sandra juga menghindarkan generasi muda dari pergaulan negative termasuk narkoba. Masing-masing peserta diberi waktu maksimal 15 menit dengan materi lomba yaitu Bebarisan, Goak Macok, ngintip jangkrik, kreativitas dan Omang. Dijelaskan, Juri berasal dari pakar-pakar seni dari ISI Denpasar berjumlah 5 orang.

Jumlah peserta lomba bapang barong dan mekendang seluruhnya masing-masing 30 peserta yang dibagi menjadi dua hari, setiap harinya tampil 15 peserta. Sementara pada malam harinya ditempat yang sama juga dilangsungkan pertunjukkan karya inovatif.

  • Tentang Penulis

    Ni Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Ni Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
LIVE
Radio Picture RRI Denpasar
00:00:00 / 00:00:00